Gerindra dan KIM Belum Tentukan Calon untuk Pilkada Jakarta 2024

Abadikini.com, JAKARTA – Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman, menyatakan bahwa Partai Gerindra dan partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) belum menawarkan posisi calon wakil gubernur (cawagub) Jakarta kepada Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Bahkan, KIM juga belum memutuskan nama calon gubernur (cagub) dan cawagub yang akan diusung pada Pilkada Jakarta 2024.

“Setahu saya, belum ada pengajuan resmi dari KIM mengenai siapa pasangan calon gubernur dan wakil gubernurnya untuk diajukan dalam Pilkada Jakarta,” kata Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (19/6/2024).

Habiburokhman menduga bahwa tawaran tersebut baru sebatas pembicaraan individual atau belum menjadi pembicaraan resmi.

“Jadi, kalau teman-teman PKS menginformasikan ada tawaran cawagub Ridwan Kamil, itu mungkin hanya pembicaraan individual dari petinggi parpol anggota KIM. Jadi, belum menjadi tawaran resmi,” ucap Habiburokhman dikutip dari Jawapos.

Meski demikian, Habiburokhman menyatakan pihaknya menghargai proses dan dinamika politik yang berjalan. Ia berharap proses politik Pilkada Jakarta 2024 tidak membuat masyarakat terpolarisasi.

“Kita berharap tidak ada kubu-kubuan di Pilkada kali ini, khususnya di DKI. Partai-partai yang mungkin berbeda koalisi dengan kami bisa jadi bersatu dengan kami. Demi kebaikan dan demi masyarakat Jakarta, kita terus mencoba melakukan penyamaan frekuensi dengan seluruh partai politik yang ada,” tegasnya.

Habiburokhman pun memastikan bahwa cagub-cawagub yang diusung Gerindra dan KIM pada Pilkada Jakarta akan disampaikan jika telah diputuskan.

“Hasilnya, jika sudah ada kesepakatan, tentu kami akan sampaikan kepada rekan-rekan siapa cagub dan cawagub yang diusung oleh Gerindra dan KIM,” ujar Habiburokhman.

Sebelumnya, Presiden PKS Ahmad Syaikhu menegaskan bahwa partainya belum final untuk mengusung Anies Baswedan pada Pilkada Jakarta 2024. Menurut Syaikhu, PKS juga berpeluang mengusung Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta dengan syarat bakal cawagub dari PKS.

“Komunikasi dengan partai lain tetap terbuka, sehingga ada tawaran-tawaran lain yang kami kaji. Jadi, sekali lagi, ini memang belum pada tataran yang sudah final, masih sangat dinamis dan berkembang,” ucap Syaikhu di kantor DPP PKS, Jakarta, Selasa (18/6).

Syaikhu menyatakan bahwa pihaknya terus membangun komunikasi dengan semua partai politik, termasuk Koalisi Indonesia Maju (KIM), yang disebut sudah sepakat mengusung Ridwan Kamil pada Pilkada Jakarta.

Namun, Syaikhu mengakui bahwa PKS tetap memprioritaskan Anies Baswedan sambil mencermati dinamika Pilgub Jakarta ke depannya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker