Selandia Baru Tambah Bantuan US$5 Juta untuk Gaza

Abadikini.com, JAKARTA – Selandia Baru akan memberikan tambahan dana sebesar US$5 juta, atau sekitar Rp82 miliar, kepada Program Pangan Dunia (WFP) dan UNICEF sebagai bantuan kemanusiaan bagi Gaza. Keputusan ini diumumkan oleh Menteri Luar Negeri Selandia Baru, Winston Peters, melalui platform media sosial X, seperti dikutip dari Anadolu Agency, Selasa (18/6/2024).

“Situasi kemanusiaan di Gaza sangat buruk. Oleh karena itu, Selandia Baru akan memberikan tambahan US$5 juta kepada WFP dan UNICEF untuk bantuan darurat pangan, sanitasi, dan kesehatan,” tulis Peters.

Dengan tambahan ini, total bantuan kemanusiaan yang diberikan Selandia Baru kepada warga Gaza yang terkena dampak konflik Israel-Hamas mencapai US$22 juta (sekitar Rp360,8 miliar).

Selama delapan bulan terakhir, serangan Israel telah menewaskan lebih dari 37.300 warga Palestina dan menyebabkan krisis kemanusiaan yang parah di Gaza. Blokade yang diterapkan Israel telah memperburuk situasi, dengan laporan lembaga-lembaga bantuan internasional mengungkapkan kelaparan meluas dan ratusan ribu orang di ambang kelaparan.

Israel juga menghadapi tuduhan genosida di Mahkamah Internasional (ICJ). Keputusan terbaru ICJ memerintahkan Israel untuk segera menghentikan operasinya di kota selatan Rafah, di mana lebih dari 1 juta warga Palestina telah mencari perlindungan dari perang sebelum serangan pada 6 Mei.

Dengan dukungan tambahan ini, diharapkan bantuan kemanusiaan dapat lebih efektif menjangkau dan membantu mereka yang sangat membutuhkan di Gaza.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker