Bakamla RI Pimpin Kelompok Kerja di WLM HACGAM ke-20

Abadikini.com, INCHEON – Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) aktif berpartisipasi dalam kegiatan Working-Level Meeting of Heads of Asian Coast Guard Agencies Meeting (WLM HACGAM) ke-20 tahun 2024. Pada kesempatan ini, Direktur Kerja Sama Bakamla RI, Laksma Bakamla Eka Satari, menjabat sebagai Ketua Kelompok Kerja Peningkatan Kapasitas. Kegiatan ini diselenggarakan di Incheon, Korea Selatan, pada Kamis (20/6/2024).

Pertemuan yang berlangsung sejak Senin (17/6) ini membahas berbagai isu keamanan dan keselamatan laut. Peserta terbagi dalam lima kelompok kerja, yaitu: Kelompok Kerja Pencarian dan Penyelamatan, Kelompok Kerja Peningkatan Kapasitas, Kelompok Kerja Pencegahan dan Pengendalian Pelanggaran Hukum di Laut, Kelompok Kerja Perlindungan Lingkungan, dan Kelompok Kerja Pertukaran Informasi.

Laksma Bakamla Eka Satari memimpin Kelompok Kerja Peningkatan Kapasitas yang membahas upaya peningkatan kapasitas personel dalam menjalankan tugas sebagai aparat penegak hukum di laut. Selain itu, disampaikan rencana pelaksanaan Capacity Building Program for HACGAM pada bulan Agustus 2024, serta undangan kepada seluruh anggota HACGAM untuk menghadiri Coast Guard Symposium dalam ajang Indo Defence Expo & Forum di Indonesia pada November 2024.

Pertemuan ini juga membahas beberapa inisiasi baru, termasuk keikutsertaan Inggris sebagai observer pada High-Level Meeting of HACGAM ke-20, serta usulan pembentukan kelompok kerja baru yang akan diintegrasikan dengan Kelompok Kerja Pertukaran Informasi. Inisiatif ini akan diajukan pada pertemuan HLM HACGAM ke-20 pada September 2024 untuk mendapatkan persetujuan dari pimpinan.

WLM HACGAM merupakan pertemuan operasional tahunan antar coast guard se-Asia. Tahun ini, WLM HACGAM dihadiri oleh 17 negara anggota, termasuk Australia, Bahrain, Filipina, India, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Maladewa, Myanmar, Pakistan, Perancis, Republik Rakyat Tiongkok, Singapura, Thailand, Turki, dan Vietnam. Inggris hadir sebagai observer, serta The Regional Cooperation Agreement on Combating Piracy and Armed Robbery against Ships in Asia Information Sharing Centre (ReCAAP ISC) dan Global Maritime Crime Programme United Nations Office on Drugs and Crime (GMCP-UNODC) sebagai anggota terkait.

### Judul: **Bakamla RI Pimpin Kelompok Kerja di WLM HACGAM ke-20, Dorong Peningkatan Kapasitas Personel**

 

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker