Kemnaker Siap Kolaborasi dengan Data Regsosek Tingkatkan Produktivitas Tenaga Kerja

Abadikini.com, JAKARTA – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyatakan kesiapan untuk berkolaborasi dengan sistem data Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) yang dikembangkan oleh Kementerian PPN/Bappenas. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah saat menjadi narasumber dalam acara peluncuran sistem data Regsosek bertema “Pemanfaatan Regsosek untuk Pentargetan Program Peningkatan Produktivitas Tenaga Kerja” yang digelar di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (20/6/2024).

“SDK Kemnaker siap dikolaborasikan dan dipadupadankan dengan data Regsosek. Sehingga, baik Regsosek maupun SDK dapat saling melengkapi dan memperkaya informasi satu sama lainnya,” kata Ida Fauziyah melalui Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan Kemnaker, Estiarty Haryani dikutip, Jumat (21/6/2024).

Kemnaker mengapresiasi Tim Regsosek Bappenas dan Tim Pusat Data dan Teknologi Informasi Ketenagakerjaan yang telah memulai kolaborasi dan melakukan ujicoba pemadanan data Regsosek dengan data ketenagakerjaan yang dimiliki Kemnaker. Dalam ujicoba tersebut, dua data utama yang diuji adalah data peserta program Tenaga Kerja Mandiri (TKM) pemula dan peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK).

“Hasil ujicoba pemadanan data mengkonfirmasi hal tersebut. Pada tahun 2023, dari data TKM yang ada di Kemnaker, terkonfirmasi dari data Regsosek sebanyak 483 orang adalah Penyandang Disabilitas. Sedangkan untuk program PBK inklusif terhadap penyandang disabilitas, data PBK tahun 2023 di Kemnaker terkonfirmasi sebanyak 622 orang dari data Regsosek,” ujar Estiarty.

Kemnaker berharap bahwa ke depan, Regsosek dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber data untuk pengayaan informasi pada ekosistem digital SIAPkerja, yang berfungsi sebagai instrumen pemutakhiran data dalam Pengelolaan SDK.

“Integrasi sistem antara SIAPkerja dan SEPAKAT diharapkan dapat segera dilaksanakan menyusul penandatanganan nota kesepahaman (MOU) dalam acara ini,” tutup Estiarty.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker