Gerindra Optimis Pengaruh Jokowi Akan Berdampak Positif di Pilkada 2024

Abadikini.com, JAKARTA – Partai Gerindra meyakini bahwa pengaruh Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan signifikan dalam kontestasi Pilkada 2024. Kandidat yang berafiliasi atau dianggap dekat dengan Jokowi diprediksi memiliki peluang besar untuk menang.

“Tentu pengaruhnya ada, karena di masyarakat kita, pemimpin yang mereka hormati pasti akan didengar. Sikap politik dan gesture Jokowi masih sangat berpengaruh,” kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman, kepada wartawan kemarin dikutip, Sabtu (22/6/2024).

Bukti dari pengaruh tersebut terlihat dari survei yang menunjukkan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi yang masih sangat tinggi, yaitu 75,6 persen. Habiburokhman juga mengapresiasi kinerja Jokowi sebagai presiden.

“Kinerja Pak Jokowi sangat bagus, beliau melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dengan maksimal. Tentunya ada masukan dan kritikan dari masyarakat, tapi secara umum kinerja beliau diapresiasi,” ucap Wakil Ketua Komisi III DPR ini.

Habiburokhman juga menambahkan bahwa kepercayaan tinggi terhadap Jokowi adalah hal positif dalam proses transisi pemerintahan dari Jokowi ke Prabowo-Gibran. Pencapaian Jokowi diharapkan akan dilanjutkan oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

“Ini bagus untuk transisi pemerintahan, artinya banyak pencapaian Jokowi yang akan dilanjutkan dan dimaksimalkan di pemerintahan berikutnya,” jelasnya.

Survei terbaru dari Litbang Kompas menunjukkan bahwa approval rating pemerintahan Jokowi masih sangat tinggi, yaitu 75,6 persen. Survei ini dilakukan pada 27 Mei hingga 2 Juni 2024 melalui wawancara tatap muka.

Survei melibatkan 1.200 responden yang dipilih secara acak dengan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi di Indonesia. Tingkat kepercayaan survei ini adalah 95 persen dengan margin of error sekitar 2,83 persen. Hasil survei menunjukkan bahwa 75,6 persen responden puas dengan kinerja pemerintahan Jokowi-Ma’ruf, sementara 24,4 persen tidak puas.

Tingkat kepuasan ini naik dari survei pada Desember 2023, yang mencatat kepuasan sebesar 73,5 persen. Sementara itu, tingkat ketidakpuasan turun dari 26,5 persen pada survei Desember 2023.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker