Raih Citra Baik dari Survei Kompas, DPD RI Siap Lanjutkan Amanat Rakyat

Abadikini.com, JAKARTA – Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI meraih citra positif dari survei yang dilakukan oleh Kompas pada tahun 2024. Lembaga yang dipimpin oleh Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, memperoleh penilaian citra baik dengan persentase 68,8 persen, mengungguli beberapa lembaga negara lainnya.

Sekretaris Jenderal DPD RI, Rahman Hadi, menyambut baik hasil survei ini dan menyatakan apresiasinya terhadap Kompas. “Terima kasih atas survei Kompas. Ke depannya, kami akan terus menjaga tugas dan fungsi serta memegang teguh amanat rakyat, terutama stakeholder di daerah. Hal ini harus terus dilanjutkan dan dijaga dengan baik,” ujar Rahman.

Sejak dipimpin oleh AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, DPD RI aktif memperjuangkan kepentingan daerah, termasuk menyusun beberapa Rancangan Undang-Undang (RUU) inisiatif yang penting bagi stakeholder di daerah. Salah satu RUU yang disusun adalah tentang Pelestarian Adat dan Budaya Kerajaan Nusantara.

“Memang gaya kepemimpinan Pak LaNyalla yang terjun langsung ke daerah, dan mendorong anggota untuk aktif, telah memaksimalkan peran DPD RI. Meskipun dalam Konstitusi peran DPD RI masih dirasa kurang, Pak LaNyalla berhasil memaksimalkannya,” tambah Rahman Hadi.

Sejak dilantik sebagai Ketua DPD RI, LaNyalla telah mengunjungi 34 provinsi dan lebih dari 350 kabupaten/kota di Indonesia. Ia juga mendatangi hampir semua kerajaan dan kesultanan di Indonesia, sehingga aspirasi-aspirasi penting dari stakeholder daerah berhasil diagregasikan oleh DPD RI menjadi keputusan di tingkat nasional.

“Ini tentu membutuhkan passion dan stamina yang ekstra. Kami di Kesekjenan juga bangga, karena dengan segala keterbatasan, baik sarana maupun anggaran, lembaga ini justru menjadi harapan bagi masyarakat,” imbuhnya.

Selain meraih citra positif dari survei Kompas, DPD RI juga berhasil mencatatkan posisi sebagai lembaga negara yang mendapat penilaian pengelolaan keuangan Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan. Tahun lalu, survei dari Centre for Strategic and International Studies (CSIS) juga menempatkan ranking kepercayaan publik terhadap DPD RI di atas KPK dan DPR RI.

Penilaian Citra Sejumlah Lembaga Negara Hasil Survei Kompas, Juni 2024:
1. TNI (89,8 persen)
2. Polri (73,1 persen)
3. DPD RI (68,8 persen)
4. Kejaksaan (68,1 persen)
5. MA (64,8 persen)
6. DPR (62,6 persen)
7. MK (61,4 persen)
8. KPK (56,1 persen)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker