BSI International Expo 2024 Sukses Besar: Transaksi Capai Rp2 Triliun

Abadikini.com, JAKARTA – BSI International Expo 2024 yang diselenggarakan oleh PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) pada 20-23 Juni berlangsung dengan sukses besar, mencapai nilai transaksi di atas Rp2 triliun dan menarik lebih dari 52.000 pengunjung. Acara ini melampaui target awal yang hanya memprediksi transaksi senilai Rp1 triliun dan jumlah pengunjung sebanyak 20.000 hingga 25.000 orang.

Direktur Utama BSI, Hery Gunardi, menyampaikan rasa bangganya atas pencapaian tersebut. “Alhamdulillah acara ini berjalan melampaui ekspektasi. Seperti temanya ‘Connecting You To Halal Lifestyle Ecosystem,’ insya Allah tujuannya tercapai,” ujar Hery dalam keterangan, Senin (24/6/2024).

Hery juga menegaskan bahwa BSI International Expo akan menjadi acara tahunan yang terus ditingkatkan kualitasnya. “Kami ingin acara ini diselenggarakan lagi tahun depan dan insyaAllah tahun-tahun selanjutnya dengan lebih baik lagi,” tambahnya.

BSI International Expo 2024 menampilkan tiga kelompok acara besar: ekshibisi, seminar dan hiburan, serta business matching. Ekshibisi melibatkan 265 tenan dari 20 negara, termasuk pelaku UMKM. Seminar ekonomi dan keuangan syariah diisi oleh pembicara internasional dan pakar industri, sementara hiburan disediakan oleh artis lokal dan internasional.

Anton Sukarna, Direktur Sales and Distribution BSI, menyatakan bahwa acara ini menunjukkan komitmen BSI untuk mendorong perkembangan ekosistem keuangan syariah dan gaya hidup halal. “Kolaborasi BSI dengan stakeholder lokal maupun global melalui BSI International Expo 2024 membuat ekosistem Islam di Tanah Air semakin kuat dan berkembang,” katanya.

Anton juga merinci pencapaian kinerja BSI International Expo 2024, termasuk total volume transaksi sebesar Rp290 miliar dari business matching dengan 63 kesepakatan. Negara-negara seperti Mesir, Saudi Arabia, Filipina, Uni Emirat Arab, dan Lithuania berpartisipasi dalam kesepakatan tersebut.

Pencapaian sektor lainnya meliputi pembiayaan industri halal dengan kesepakatan senilai Rp1,8 triliun, sektor properti dengan transaksi Rp85 miliar, sektor otomotif dengan Rp21 miliar, sektor halal travel dengan Rp14,5 miliar, dan sektor investasi dengan Rp1,9 miliar.

Event ini juga memperkuat penerapan prinsip environmental, social, and governance (ESG), terutama dalam aspek lingkungan. BSI menyediakan Reverse Vending Machine yang berhasil mengumpulkan 177,67 kg botol plastik, setara dengan 9.501 botol, dan mengurangi jejak karbon sebesar 940.599 gram.

“Business matching merupakan bukti nyata dari komitmen kami dalam menjembatani UMKM agar bisa memperluas bisnisnya ke pasar global. Transaksi-transaksi yang besar di berbagai sektor tersebut membuktikan ekosistem halal bisa kita perkuat bersama sehingga tumbuh berkelanjutan sebagai salah satu penopang ekonomi nasional,” tutup Anton.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker