Ilham Habibie Pimpin ISMI Kembali, Fokus Perkuat UKM dan IKM

Abadikini.com, JAKARTA – Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie terpilih kembali sebagai Ketua Umum Ikatan Saudagar Muslim se-Indonesia (ISMI) untuk masa jabatan 2023-2028. Ia berkomitmen untuk terus mendukung usaha kecil menengah (UKM) dan mendorong mereka menjadi industri kecil menengah (IKM).

“Program ISMI selalu mendukung usaha kecil menengah (UKM), seperti di bidang agro, properti, dan perdagangan. Untuk lima tahun mendatang kami juga akan mendorong UKM menjadi IKM,” kata Ilham Habibie seusai pelantikan di Jakarta, Rabu (26/6/2024).

Pelantikan Ilham Habibie bersamaan dengan pelantikan Majelis Pengurus Pusat (MPP) ISMI Periode 2023-2028, yang disaksikan ratusan anggota ISMI di Balairung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta. Ilham dan para pengurus terpilih dalam Musyawarah Nasional (Munas) ke-3 yang diadakan pada akhir tahun 2023 lalu.

“Peran UKM sangat penting untuk mencapai Indonesia Maju pada tahun 2045,” ucap Ilham.

Ilham menekankan pentingnya memperkuat industri untuk mencapai tujuan besar Indonesia Emas 2045. IKM atau industri kecil menengah memiliki peran sentral dalam ekosistem industri ini.

“IKM berperan dalam ekosistem industri tersebut,” ujarnya.

Ilham sangat yakin bahwa industri adalah kunci bagi Indonesia untuk menjadi negara maju, seperti yang telah terjadi di negara-negara maju lainnya di Asia, seperti Jepang, Korea Selatan, dan Tiongkok.

“Kita sama-sama menyadari di dunia ini sudah banyak negara yang maju. Mereka itu punya sifat yang mirip-mirip, punya engine atau motornya adalah industri. Jadi, kalau kita lihat di Asia khususnya Jepang, Korea Selatan, Tiongkok, mereka maju karena industrinya,” jelas Ilham Habibie.

Dengan semangat yang sama, ISMI akan terus mendorong industrialisasi, khususnya IKM, dengan berbagai program yang disiapkan untuk masa lima tahun kepengurusan ini.

Ikatan Saudagar Muslim se-Indonesia adalah organisasi perkumpulan saudagar muslim se-Indonesia yang didirikan pada 2012 oleh empat organisasi besar di Indonesia yaitu NU, Muhammadiyah, MUI, dan ICMI. ISMI bertujuan untuk mewujudkan dunia usaha nasional yang kuat dan berdaya saing tinggi demi menciptakan masyarakat yang sejahtera secara materil dan spiritual.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker