PBB Dukung Lalu Muhamad Iqbal Maju di Pilgub NTB 2024

Abadikini.com, JAKARTA – Mantan Dubes Turki Lalu Muhamad Iqbal diberikan surat rekomendasi sebagai bakal calon Gubernur (Bacagub) Nusa Tenggara Barat (NTB) dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Bulan Bintang (PBB).

Ketua DPW PBB NTB Junaidi Arif menyebutkan, rekomendasi itu dalam bentuk persetujuan prinsip. Persetujuan prinsip itu merupakan mandat yang diberikan kepada Lalu Iqbal dari DPP PBB.

“Persetujuan prinsip itu sudah keluar. Untuk meminta beliau (Lalu Iqbal) segera mencari partai koalisi, menyelesaikan pasangannya, dan hal-hal lain yang dianggap penting untuk Pilkada,” kata Junaidi, Kamis (11/7/2024).

Menurut Junaidi, PBB sudah memberikan kepercayaan kepada Lalu Muhamad Iqbal. Ia juga mengaku jika komunikasi yang dibangun Juru Bicara Kementerian Luar Negeri ini cukup bagus.

“Komunikasi kami sangat intens, karena beliau adalah figur yang paling serius ingin menggunakan PBB sebagai kendaraan beliau,” ujarnya.

Selain itu, Junaidi mengatakan sejauh ini hanya Lalu Muhamad Iqbal yang paling serius hendak menggunakan PBB sebagai kendaraannya dari empat calon yang mendaftar.

“Kalau kami di DPW itu menyiapkan berkas pendaftaran, dan ada beberapa yang mendaftar. Ada Zulkieflimansyah, Sitti Rohmi Djalillah, Sukiman Azmy. Cuma setau saya yang mengikuti alur itu hanya Lalu Muhamad Iqbal. Hanya dia juga yang mendapatkan surat persetujuan prinsip ini,” bebernya.

Ia mengungkapkan bahwa surat izin prinsip itu diberikan bukan tanpa mekanisme. Ia menyebut bahwa Lalu Iqbal sudah melalui mekanisme dari pendaftaran di kantor DPW sampai fit and proper test yang digelar di DPP.

“DPP susah melihat bahwa beliau ini sangat layak sebagai bakal calon Gubernur NTB. Itulah proses keluarnya persetujuan prinsip itu, jadi tidak sembarangan lah keluar. Dan orang tertentu lah yang diberikan,” tegasnya.

Junaidi mengatakan proses di PBB untuk Pilgub NTB sampai saat ini masih belum final. Ia menyebut bahwa semua hal masih terjadi. Kendati begitu, ia melihat hanya Lalu Muhamad Iqbal yang paling serius daripada calon yang lain.

“Ini kan proses demokrasi, banyak calon yang ingin menggunakan PBB. Tapi itu kriterianya ada di DPP. Dan sekarang yang baru memegang surat izin prinsip itu hanya Lalu Muhamad Iqbal saja,” pungkas Junaidi.

Sebagai informasi, surat persetujuan prinsip yang diberikan kepada Lalu Muhamad Iqbal itu ditandatangani langsung oleh Pj Ketua Umum DPP PBB Fahri Bachmid dan Sekjen DPP PBB Mohammad Masduki.

Dalam surat tersebut, Lalu Muhamad Iqbal diminta untuk segera melengkapi syarat pencalonan, seperti mendapatkan kursi yang cukup untuk maju di Pilkada dan segera mendapatkan wakilnya.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 rawit128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128 ufo777 slot gacor planet128 planet128 rawit128 turbo128 turbo128 planet128 rawit128 turbo128