Pemerintah Apresiasi Festival Musik Tradisi Indonesia Tidore 2023 “Marasante 2.0”

Abadikini.com, TIDORE – Keberadaan Seni dan Budaya Tradisi merupakan simbol harga diri dan kebanggaan bagi masyarakat, namun perlu sebuah usaha untuk menjaga, memelihara, melestarikan dan mengembangkannya, serta mengolahnya menjadi sebuah kesenian yang baru dan dapat disesuaikan dengan perkembangan zaman, tanpa harus meninggalkan keasliannya.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo saat mewakili Walikota memberikan sambutan pada malam kedua Festival Musik Tradisi Indonesia (FMTI) Kota Tidore Kepulauan Tahun 2023 yang bertajuk “Marasante 2.0” yang diselenggarakan oleh sekumpulan anak muda kreative Kota Tidore Kepulauan Wildhouse Production, di Pantai Wisata Tugulufa, Sabtu (2/12/2023) Malam.

“Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan mengapresiasi kegiatan Festival Musik Tradisi Indonesia Tidore 2023 “Marasante 2.0”, ini akan menjadi sebuah pendorong semangat para generasi muda untuk kembali bergerak agar lebih mencintai seni dan budaya yang dimiliki di tengah perkembangan musik dari luar.  Kehadiran “Marasante 2.0” juga diharapkan akan mampu menjadi gebrakan untuk generasi muda, agar menunjukkan kemampuan dan bakat yang dimiliki atas nama tradisi, tanpa perlu malu menyuarakan bahwa jati diri bangsa adalah harga mati, yang akan dijaga oleh para generasi penerus,” Tutur Ismail.

Ismail menambahkan, Festival malam ini adalah festival kedua yang menjadi program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, dan kami bangga bahwa kegiatan ini digelar berdekatan dengan Hari Nusantara 2023, dimana Tidore didaulat menjadi tuan rumah. Hal ini, memiliki keterkaitan yang sangat erat yakni dimana Sejarah dan budaya serta Seni yang dimiliki Tidore telah membawa Tidore untuk menjadi tuan rumah atas beberapa kegiatan nasional.

Semoga kegiatan “Marasante 2.0” ini berlangsung dengan aman, lancar dan sukses, serta kita semua dapat kembali membawa sebuah kenangan yang indah dari FMTI Tidore 2023 menjadi sebuah gerakkan yang dapat meng-influence para generasi muda lainnya untuk lebih peduli akan akan musik tradisi yang kita miliki. Kami juga berharap kolaborasi antara pemerintah daerah dan pusat selalu terjalin dengan baik, agar apa yang kita harapkan bersama bahwa masyarakat Kota Tidore Kepulauan mendapat perhatian yang cukup, baik dari infrastuktur hingga sampai pada perkembangan dan pelestarian tradisi seni dan budaya,” Imbuh Ismail.

Pemerintah Apresiasi Festival Musik Tradisi Indonesia Tidore 2023 “Marasante 2.0”

Sementara, Show Director Marasante 2.0 Faya Ila Togubu dalam laporannya menyampaikan, Festival Musik Tradisi Indonesia merupakan Program Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan, yang didukung oleh Dinas Pariwisata Kota Tidore Kepulauan sebagai upaya untuk memperkuat ekosistem musik tradisi Indonesia khususnya di Kota Tidore Kepulauan, guna membangun kecintaan generasi muda terhadap identitas budaya.

“Marasante sendiri berarti keberanian tanpa pamrih, merupakan filosofis yang mewakili anak-anak muda Tidore sekarang, yaitu berani berekspresi dan berani berkarya, Alhamdulillah kali ini , Marasante dihelat untuk kedua kalinya di lokasi yang sama dengan tema yang sama, kali ini kami diberikan kesempatan untuk berkolaborasi dengan teman-teman dari 4 Kesultanan di Maluku Utara, yaitu Ternate, Bacan, Jailolo dan Tidore, dengan tema Festival musik rempah-rempah,” Ucap Faya.

Faya menambahkan, Festival Musik rempah-rempah ini melibatkan Pemusik Tradisi yang terdiri dari, 20 Pemusik dan Penari dari Bacan, 16 Personil dari Jailolo, 25 dari Ternate dan Tidore Sendiri Tahun ini kurang lebih sebanyak 13 Personil untuk grup Musik Marasante sendiri. FMTI Tahun ini juga melibatkan sekitar 15 UMKM, yang bekerjasama dengan DPC Gekraf Tidore menghadirkan para pelaku UMKM yang berjualan, ada food and bevegareclothing dan Tempat Baca, FMTI tahun ini juga melibatkan 20 komunitas anak muda di 4 Kabupaten Kota yang sama-sama menyukseskan kegiatan ini.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 slot deposit 5000 cahaya128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128 ufo777 slot gacor planet128 planet128 rawit128 turbo128 rawit128 planet128 rawit128 turbo128 planet128 rawit128 planet128 planet128 planet128 planet128 turbo128 planet128 planet128 planet128 turbo128 turbo128 planet128 rawit128 rawit128 planet128 turbo128 Slot Thailand -