DPD RI Minta Pemerintah Tingkatkan Ekspor Pangan untuk Jamaah Haji

Abadikini.com, MAKKAH – Tim Pengawasan Haji Komite III DPD RI 2024 yang dipimpin oleh Mirati Dewaningsih, ST, anggota DPD RI dari Provinsi Maluku, meminta pemerintah untuk mengekspor 100% kebutuhan pangan berkualitas guna mengakomodir kebutuhan jamaah haji Indonesia yang mencapai 241.000 orang.

“Banyaknya kebutuhan bahan baku pangan yang bukan berasal dari Indonesia menjadi keprihatinan Timwas Haji DPD RI. Seharusnya, dengan jumlah jamaah haji terbesar di dunia, Indonesia bisa memberikan keuntungan maksimal bagi para petani dan UMKM kita,” ujar Mirati.

Mirati juga menyoroti pentingnya kualitas produk dari perusahaan katering yang harus memenuhi standar tinggi agar layak dikonsumsi oleh jamaah haji.

“Saya meminta agar perusahaan katering terus meningkatkan kualitas produk mereka, termasuk menyediakan garansi dan kompensasi, serta meningkatkan kualitas kemasan agar makanan tetap hangat lebih lama. Selain itu, variasi menu makanan sesuai dengan kelompok umur, khususnya lansia dengan penyakit komorbid seperti diabetes, harus diperhatikan,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Mirati juga mengimbau pemerintah untuk bergerak cepat dalam mengantisipasi penyakit demensia pada jamaah haji lanjut usia.

“Saya berharap pemerintah cepat mengantisipasi penyakit demensia pada lansia, karena tingkat keparahannya bersifat progresif dan dapat semakin buruk dari waktu ke waktu, sehingga pencegahan dan penanganannya menjadi cukup sulit,” terang Mirati.

Mirati berharap langkah-langkah ini dapat meningkatkan kesejahteraan jamaah haji Indonesia dan memberikan manfaat ekonomi bagi Indonesia melalui peningkatan ekspor pangan dan dukungan terhadap petani dan UMKM lokal.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker