Jepang Tertarik Kolaborasi Program Makan Bergizi Gratis di Sekolah dengan Pemerintahan Prabowo

Abadikini.com, JAKARTA – Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Maskai Yasushi, menyatakan ketertarikan negaranya terhadap program makan bergizi gratis untuk siswa sekolah yang diusung oleh presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto. Yasushi menilai program ini penting untuk direalisasikan.

Yasushi mengungkapkan bahwa Pemerintah Jepang berencana mengundang pemerintah Indonesia untuk mendiskusikan program tersebut pada September 2024. “Kami akan mengundang pemerintah Indonesia ke Jepang, khususnya mengenai topik ini, untuk melihat apa yang dapat mereka pelajari dari sekolah di Jepang dan mendiskusikannya,” kata Yasushi pada Senin (24/6/2024).

Program makan siang gratis di sekolah-sekolah Jepang, yang telah berlangsung lebih dari 100 tahun, merupakan bagian dari upaya memperbaiki gizi anak-anak pascaperang dan membantu keluarga miskin menyediakan makanan bergizi. Yasushi menegaskan bahwa pemerintah Jepang siap berbagi pengalaman dengan Indonesia, termasuk pentingnya edukasi tentang makanan dan nutrisi.

“Anak-anak harus mengetahui betapa pentingnya memilih makanan dan nutrisi yang sesuai setiap hari. Hal ini telah kami terapkan untuk memberikan edukasi tentang nutrisi di sekolah. Ini akan sangat menarik bagi orang Indonesia,” jelasnya.

Program makan bergizi gratis di sekolah adalah salah satu program unggulan yang dicanangkan Prabowo bersama wakil presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka. Program ini dijadwalkan akan dimulai pada 2025 dan dilaksanakan secara bertahap.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker