Pertaruhan Nasib: Italia Hadapi Kroasia di Laga Penentuan Grup B Euro 2024

Abadikini.com, JAKARTA – Timnas Italia akan menghadapi laga hidup mati melawan Kroasia di pertandingan terakhir Grup B Euro 2024 di Red Bull Arena, Jerman, dini hari nanti. Pemenang laga ini akan mendampingi Spanyol ke babak 16 besar.

Grup B saat ini dipimpin oleh Spanyol dengan enam poin, diikuti Italia dengan tiga poin, Albania dengan satu poin, dan Kroasia juga dengan satu poin. Tim Matador – julukan Spanyol – sudah pasti lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup. Sementara itu, Kroasia, Italia, dan Albania harus menang di laga matchday terakhir mereka untuk menjaga asa lolos.

Di laga pertama, Kroasia kalah telak 0-3 dari Spanyol dan bermain imbang 2-2 melawan Albania di laga kedua. Satu gol Kroasia dicetak oleh Andrej Kramaric, sementara satu gol lainnya merupakan gol bunuh diri pemain lawan.

Bek kanan Italia, Matteo Darmian, menekankan bahwa timnya tidak boleh mengulangi kesalahan yang sama saat melawan Kroasia, seperti yang terjadi saat menghadapi Spanyol di laga sebelumnya. Italia kalah tipis 0-1 melawan Spanyol dalam Matchday 2 Grup B Euro 2024 beberapa hari lalu. Meski hanya kalah satu gol, mereka tertekan sepanjang pertandingan dan kesulitan mengembangkan permainan.

“Kami akan menganalisis apa yang kami lakukan di pertandingan terakhir untuk menghindari kesalahan yang sama dan menghadapi Kroasia dengan cara terbaik. Kami fit dan siap memainkan pertandingan ini dengan determinasi yang tepat,” kata Darmian.

Italia harus memenangkan pertandingan ini untuk memastikan tempat di babak 16 besar. Ada dua tiket otomatis ke babak 16 besar dari Grup B, serta satu tiket untuk peringkat tiga terbaik yang harus bersaing dengan tim peringkat tiga lainnya di lima grup lainnya.

Meski berada di posisi juru kunci, Darmian yakin Kroasia memiliki ambisi kuat untuk melaju ke babak berikutnya. Oleh karena itu, ia memperingatkan rekan-rekan setimnya untuk fokus menghadapi Luka Modric dan kawan-kawan demi menunjukkan kemampuan terbaik mereka.

“Kami harus memiliki sikap, keinginan, dan tekad yang benar dan tampil di lapangan dengan penuh perhatian. Kami bisa maju dan kami ingin melakukannya dengan segala cara untuk terus melanjutkan kompetisi ini,” pungkas Darmian.

Di sisi lain, bek Kroasia, Josip Juranović, menegaskan bahwa timnya akan melawan Italia semaksimal mungkin. Dia yakin peluang timnya lolos ke 16 besar masih terbuka meski harus berhadapan dengan juara bertahan.

“Kami tidak terlalu khawatir dengan status Italia saat ini. Mungkin hal itu memang ada dalam pikiran kami, tapi fokus kami adalah memenangi pertandingan. Target kami adalah lolos dari babak grup,” kata Juranović.

Italia harus segera bangkit dari kekalahan atas Spanyol, yang dirasa sangat buruk bagi tim. Meski hanya kalah 1-0, secara permainan Italia kalah segalanya di lapangan. Terlepas dari faktor kualitas lawan, permainan Italia menurun drastis dibanding saat mengalahkan Albania di laga pertama.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker