Panglima TNI Kunjungi Kepala Staf Pertahanan Italia untuk Perkuat Kerja Sama Militer

Abadikini.com, ITALIA – Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto melakukan kunjungan ke Italia untuk menghadiri pertemuan bilateral dengan Kepala Staf Pertahanan Italia, Admiral Giuseppe Cavo Dragone, di Markas Besar Angkatan Bersenjata Italia pada Senin (24/6/2024).

Dalam pertemuan tersebut, kedua pemimpin militer sepakat untuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang, termasuk pendidikan, latihan, dan operasi. Salah satu topik khusus yang dibahas adalah pengembangan kerja sama di bidang siber.

Panglima TNI juga membahas rencana kunjungan muhibah kapal Kadet Angkatan Laut Italia, ITS Amerigo Vespucci, yang akan berlabuh di pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara. Diharapkan, ketika kapal tersebut singgah di perairan Indonesia, Kadet Angkatan Laut Indonesia dapat onboard di ITS Amerigo Vespucci untuk berinteraksi dengan Kadet Italia.

“TNI menyambut baik kehadiran kapal-kapal Angkatan Laut Italia di perairan Indonesia dan mendukung pelaksanaan Passing Exercise (Passex) dengan kapal-kapal perang Indonesia,” kata Jenderal Agus. Ia menambahkan, ini merupakan bentuk persaudaraan Angkatan Laut seluruh dunia (naval brotherhood) dan upaya untuk meningkatkan kerja sama bilateral antara Angkatan Laut Indonesia dan Italia.

Kunjungan ini memiliki makna khusus karena bertepatan dengan peringatan 75 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Italia.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker