TPID Tidore Pantau Perkembangan Tanaman Cabai untuk Kendalikan Inflasi

Abadikini.com, TIDORE – Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Tidore Kepulauan, yang dipimpin oleh Koordinator Staf Ahli Wali Kota Bidang Ekonomi Pembangunan dan Keuangan Abdul Hakim Adjam, melakukan pemantauan perkembangan tanaman cabai (rica) di Kecamatan Tidore Timur pada Selasa (25/6/2024).

“Pada pemantauan kali ini, kami memantau perkembangan komoditas cabai atau rica yang ditanam oleh para petani di Kecamatan Tidore Timur. Bibit cabai ini berasal dari bantuan Bank Indonesia beberapa bulan yang lalu, sebanyak 3.500 bibit cabai diserahkan, dengan 2.500 bibit untuk petani,” ujar Abdul Hakim.

Selain itu, Abdul Hakim menambahkan bahwa 1.000 bibit cabai dari Bank Indonesia juga dibagikan kepada ASN di lingkungan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan. “Upaya penanganan inflasi juga dilakukan melalui gerakan menanam cabai di pekarangan rumah masing-masing oleh ASN,” jelasnya.

Kepala Bagian Ekonomi dan Sumber Daya Alam, sekaligus Sekretaris Tim Teknis TPID Kota Tidore Kepulauan, Nurlaila Yasin, menjelaskan bahwa pemantauan ini bertujuan untuk melihat perkembangan tanaman dan persiapan panen.

“Pemantauan ini dilakukan oleh TPID untuk mengevaluasi perkembangan komoditas tanaman cabai atau rica yang merupakan bantuan dari Bank Indonesia beberapa bulan lalu. Selain memantau perkembangan cabai, TPID juga memastikan kesiapan tanaman untuk mengetahui waktu yang tepat untuk panen,” ungkap Nurlaila.

Pemantauan ini diharapkan dapat membantu mengendalikan inflasi di Kota Tidore Kepulauan melalui stabilitas harga komoditas cabai yang menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker