Bupati Ruksamin Hadiri Rakor Kesiapan Pilkada Serentak 2024 di Makassar

Abadikini.com, MAKASSAR – Bupati Konawe Utara (Konut), Ruksamin, menghadiri Rapat Koordinasi Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 untuk wilayah Sulawesi, Kalimantan, dan Maluku yang digelar di Hotel Claro Makassar pada Rabu, 26 Juli 2024.

Rakor ini dibuka oleh Menko Polhukam Hadi Tjahjanto dan dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Muh. Tito Karnavian, Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari, serta Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja. Mereka hadir sebagai narasumber utama dalam acara tersebut.

Acara ini diikuti oleh Gubernur, Bupati, Walikota, Ketua KPU, Bawaslu, Kapolres, Kajari, dan perwakilan partai politik dari wilayah Sulawesi, Maluku, dan Kalimantan.

Dalam sambutannya, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto memberikan arahan agar pemerintah pusat dan daerah memberikan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan Pilkada, termasuk menjamin ketersediaan anggaran, keamanan, serta fasilitas yang diatur dalam undang-undang.

Ia juga mengungkapkan langkah strategis untuk menjaga stabilitas politik dan keamanan, yakni dengan meningkatkan sinergitas antara pemerintah pusat dan daerah, serta optimalisasi peran Forkopimda dan pembinaan kerukunan antar suku dan umat beragama.

Hadi Tjahjanto menekankan pentingnya kerjasama semua stakeholder untuk menjaga stabilitas politik, hukum, dan keamanan yang kondusif. Selain itu, ia meminta agar koordinasi antara kementerian dan lembaga ditingkatkan, serta optimalisasi fasilitas penyelenggaraan Pilkada agar berjalan sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Pendidikan politik bagi masyarakat juga harus ditingkatkan.

Rakor ini diakhiri dengan pembacaan deklarasi Pilkada damai oleh seluruh peserta sebagai wujud komitmen bersama untuk mewujudkan pemilu yang aman, damai, dan demokratis.

Sebagai tindak lanjut hasil Rakor hari ini, Pemerintah Kabupaten Konawe Utara telah melakukan sejumlah langkah persiapan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Konawe Utara, di antaranya penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) senilai 67 miliar pada 8 Oktober 2023 lalu. Anggaran ini terbagi untuk KPU (45 miliar), Bawaslu (18 miliar), Polri (3 miliar), dan TNI (1 miliar), dengan realisasi telah mencapai 100 persen.

Selain itu, telah dilakukan pelantikan PPK sebanyak 39 orang, Bawaslu 39 orang, PPS 510 orang, dan Panwas Desa 170 orang. Sarana sekretariat bagi PPK dan Bawaslu serta bantuan distribusi dengan kendaraan operasional juga telah disediakan. Kami juga telah menandatangani fakta integritas, melakukan sosialisasi pembinaan pada seluruh ASN terkait netralitas ASN, dan melaksanakan Deklarasi Pemilu Damai 2024 bersama Forkopimda, penyelenggara pemilu, partai politik, hingga tokoh masyarakat.

Tingkat partisipasi pemilu 2024 di Konawe Utara kembali menempati urutan pertama di Sulawesi Tenggara dengan tingkat partisipasi masyarakat sebesar 92,22 persen, setelah sebelumnya pada tahun 2020 Kabupaten Konawe Utara menempati peringkat ke-4 Nasional dan pertama se-Sultra.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker