Freeport Grassroots Tournament di Jayapura Dorong Pengembangan Sepak Bola Usia Dini

Abadikini.com, JAYAPURA – Sebanyak 10 klub atau Sekolah Sepak Bola (SSB) di Kabupaten Jayapura mengikuti Freeport Grassroots Tournament (FGT) yang digelar di Lapangan Latihan Stadion Papua Bangkit, Jayapura pada Senin dan Selasa (24 dan 25 Juni).

Turnamen ini diselenggarakan oleh PT Freeport Indonesia (PTFI) bekerja sama dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memberikan apresiasi tinggi kepada PTFI atas konsistensi dan komitmennya dalam mendukung sepak bola nasional.

“Sebelumnya, PTFI juga terlibat dalam pengembangan talenta-talenta muda terbaik Papua melalui program Papua Football Academy. Dengan adanya turnamen baru ini, maka akan semakin banyak kesempatan yang diperoleh anak-anak Papua untuk bermain sepak bola dengan lebih seru dan lebih menyenangkan. Harapannya, jika di akar rumput berjalan baik, maka dampaknya akan positif,” ujar Erick Thohir.

Direktur dan Executive Vice President Sustainable Development PTFI, Claus Wamafma, menekankan bahwa Freeport Grassroots Tournament adalah bentuk dukungan PTFI bersama PSSI dalam pengembangan sepak bola usia dini di Indonesia.

“Turnamen ini bertujuan memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk menunjukkan permainan mereka dan mulai menabung pengalaman bertanding dalam mengembangkan bakat dan minat pada sepak bola,” kata Claus.

Claus berharap ajang ini membuka cakrawala anak-anak Papua untuk mulai melihat sepak bola sebagai cita-cita menjadi pesepak bola profesional di masa depan. Anak-anak diharapkan dapat bermain dan bertanding dengan gembira, serta mengenal arti sportifitas, fair play, dan respect sebagai bagian penting dalam pengembangan karakter pesepak bola yang handal.

Sebanyak 150 anak-anak kelompok usia 10 sampai dengan 12 tahun mengikuti FGT. Turnamen ini dirancang dengan panduan FIFA Grassroots Tournament, mengutamakan partisipasi dibandingkan kemenangan, dan memungkinkan para pelatih memainkan semua pemain tanpa perlu mengkhawatirkan hasil pertandingan sehingga anak-anak dapat bermain dan bersenang-senang.

Selain di Jayapura, kegiatan FGT ini juga akan dilaksanakan di Gresik, Jawa Timur pada 26 – 27 Juni mendatang. Para peserta juga mendapatkan sepatu bola yang secara simbolis diserahkan oleh Senior Vice President Community Development PTFI, Nathan Kum, dan Ketua Asosiasi PSSI Provinsi Papua (ASPROV), Benhur Tommy Mano.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker