Masa Depan Musik K-pop Diramal Bakal Suram

Abadikini.com, JAKARTA – Masa depan K-pop diramal tak begitu cerah. Pasalnya jumlah peserta pelatihan (trainee) terus mengalami penurunan di negara asalnya Korea Selatan (Korsel).

Berdasarkan data Korea Creative Content Agency (KOCCA). Jumlah trainee K-pop yang bekerja untuk agensi turun dari 1.895 pada tahun 2020 menjadi 1.170 pada akhir tahun 2022 atau sekitar 38,3% hanya dalam dua tahun.

Tidak hanya jumlah traine yang sedikit, peserta pelatihan yang keluar secara sukarela dari agensi juga meningkat. Hal ini karena persentase peserta pelatihan yang melakukan debut sebagai entertainer sebenarnya mengalami penurunan.

Merujuk data dari 2016 hingga 2022, setidaknya ada penurunan sekitar 20%. Awalnya yang berhasil melakukan debut sebanyak 80% pada tahun 2016 menjadi sekitar 65% pada tahun 2022.

“Seiring dengan menurunnya persentase trainee yang menjadi penghibur sebenarnya, agensi-agensi kecil semakin menyerah dalam melatih peserta trainee,” kata Ketua Tim KoData Solutions.

Masih mengutip laman yang sama, para peneliti percaya perubahan preferensi karir remaja adalah penyebab yang paling mungkin. Dari survei tahunan yang dirilis Kementerian Pendidikan, banyak remaja yang tak mau menjadi penyanyi, tumpuan K-pop.

Di segmen sekolah dasar (SD) misalnya, di antara 10 karir teratas yang diinginkan siswa sekolah dasar, penyanyi turun dari posisi ke-6 pada tahun 2009 menjadi posisi ke-9 antara tahun 2019 dan 2021. Di sekolah menengah, penurunan juga terjadi di mana cita-cita ini berada di nomor 7 tahun 2009 tetapi tak masuk 10 besar di 2019.

Influencer membutuhkan waktu yang lebih singkat untuk menghasilkan uang dan hasilnya lebih cepat dibandingkan ketidakpastian apakah mereka akan menghasilkan uang setelah masa trainee,” kata perwakilan agensi hiburan di laman itu merujuk cita-cita baru para remaja Korea.

Perlu diketahui K-pop telah mengalami ledakan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam beberapa tahun terakhir. Saat ini, industri itu secara aktif merekrut peserta pelatihan internasional dan mengadakan audisi global.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker