Pemkot Tidore Ikuti Rakor Kesiapan Pilkada Serentak 2024 Secara Daring

Abadikini.com, TIDORE – Menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2024, Staf Ahli Wali Kota Bidang Hukum, Politik, dan Pemerintahan Asis Hadad mewakili Wali Kota Tidore Kepulauan mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 untuk wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku secara daring melalui Zoom Meeting di Ruang Rapat Wali Kota, Rabu (26/6/2024).

Rakor ini diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia dan juga diikuti oleh Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra, Kaban Kesbangpol, Kaban BPKAD, Kasat Pol PP, serta Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Tidore Kepulauan.

Menko Polhukam RI, Marsekal TNI (Purn.) Hadi Tjahjanto, dalam sambutannya, menekankan pentingnya sinergitas antar kementerian, lembaga, dan instansi sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing untuk mensukseskan Pilkada Serentak 2024.

“Berdasarkan PKPU, saat ini tahapan Pilkada sudah mulai berjalan, maka diperlukan adanya langkah strategis melalui sinergitas antar pemerintah, penyelenggara pemilu, dan peserta pemilu agar penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 dapat berjalan dengan aman, lancar, jujur, dan adil,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Menko Polhukam berharap bahwa “Pilkada serentak ini bisa dilaksanakan dengan aman dan damai, maka TNI dan Polri harus hadir dan mewaspadai keamanan pada saat Pilkada berlangsung, serta pengamanan saat sidang di Mahkamah Konstitusi,” tambahnya.

Kedeputian I Menko Polhukam, Mayjen TNI DR. Heri Wiranto, dalam laporannya, menyampaikan bahwa Rapat Koordinasi kali ini diselenggarakan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, untuk wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku. Ini adalah kali kedua, setelah sebelumnya acara serupa diadakan di Jayapura, Papua, untuk enam provinsi di wilayah Papua. Kegiatan ini berlangsung secara hybrid.

“Kita ketahui bersama, baru saja kita selesai menyelenggarakan agenda nasional Pemilu 2024 yang telah diselenggarakan dengan aman dan lancar. Selanjutnya, kita akan segera mempersiapkan agenda penyelenggaraan Pilkada serentak 2024, di mana tahapan pemungutan suara akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024. Ini merupakan pertama kalinya Pilkada serentak sepanjang sejarah proses pemilihan kepala daerah,” ungkap Heri.

Heri menambahkan bahwa hal tersebut memerlukan perhatian yang sangat serius agar tahapan Pilkada Serentak dapat berjalan dengan aman dan lancar. Rapat koordinasi ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan dan potensi permasalahan yang dapat menghambat penyelenggaraan Pilkada Serentak di wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku, sehingga dapat diantisipasi lebih dini.

“Diselenggarakan secara hybrid, rakor kesiapan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 ini diikuti oleh 1.420 peserta, dengan 720 peserta hadir secara langsung dari Sulawesi dan 700 peserta hadir secara online dari wilayah Kalimantan, Maluku, dan Maluku Utara. Rakor ini juga menghadirkan Menteri Dalam Negeri, Ketua KPU RI, Ketua Bawaslu RI, Panglima TNI, dan Kapolri sebagai pembicara,” jelas Heri.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker