Ustadz Khalid Basalamah Sarankan Jangan Pelihara Kucing

Abadikini.com, JAKARTA – Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang lazim dipelihara, apalagi dimasukkan dalam rumah.

Memelihara kucing pun disebut disunnahkan dalam Islam karena merupakan hewan yang disayang oleh Nabi Muhammad SAW.

Hal itu berlandaskan riwayat sahabat Rasullulah yang memelihara kucing dan tidak ditegur.

Namun, Ustadz Khalid Basalamah menegaskan untuk tidak memelihara kucing meskipun tidak dilarang oleh nabi.

“Saran saya jangan pelihara kucing, walaupun Abu Hurairah pernah memeliharanya, sahabat Nabi cuma beliau, yang lainnya tidak ada yang memelihara,” kata Ustaz Khalid Basalamah seperti dikutip dari video di YouTube Jumat (28/6/2024).

Ustadz Khalid Basalamah pun mengungkapkan alasannya. Ia menuturkan bahwa sebaiknya hewan bertaring tidak untuk dipelihara.

“Memang Nabi tidak tegur, cuma hewan yang bertaring ini memang lebih baik tidak dipelihara,” sambungnya.

Lebih lanjut, Ustadz Khalid Basalamah mengungkapkan bahwa memelihara hewan di dalam rumah juga meningkatkan risiko adanya najis dari kotoran hewan tersebut.

“Kencingnya kucing najis. Hewan-hewan yang bertaring yang dilarang dimakan kotorannya, najis. Dan najisnya berat ya. Najis hissi namanya, sama dengan kencing manusia hukumnya,” beber Ustadz Khalid Basalamah.

Najis dari kotoran hewan bertaring itu hukumnya berbeda dengan hewan peliharaan yang lain yang najisnya bisa hilang setelah dibersihkan.

“Beda dengan ayam, ayam itu hewan yang boleh dimakan, kotorannya najis maknawi, artinya tidak menajiskan kalau dibersihin, sudah tidak ada masalah,” sambungnya.

Namun, jika memang hendak memelihara kucing, umat Muslim diimbau untuk rajin membersihkan tempat beribadah dan menjaganya tetap suci.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker