Swiss Singkirkan Juara Bertahan Italia dari Euro 2024 di Berlin

Abadikini.com, JAKARTA – Juara bertahan Euro, Italia, harus mengubur mimpi mempertahankan gelar usai takluk dari Swiss dalam laga pembuka babak 16 besar.

Bertanding di Stadion Olimpiade Berlin, Italia kalah dua gol tanpa balas berkat gol dari Remo Freuler di babak pertama dan Ruben Vargas di babak kedua.

Kemenangan ini memastikan Swiss melaju ke perempat final untuk kedua kalinya secara berturut-turut setelah sebelumnya melakukannya di Euro 2020 dengan menyingkirkan Prancis lewat adu penalti.

Di perempat final, Swiss akan menghadapi pemenang laga antara Inggris dan Slowakia yang akan berlangsung di Veltins Arena, Gelsenkirchen, pada Minggu malam pukul 23.00 WIB.

Sejak awal laga, Swiss tampak lebih bersemangat untuk mencetak gol, sementara Italia kesulitan mengalirkan bola ke area depan. Swiss menciptakan peluang berbahaya pertama pada menit ke-12 melalui tembakan Dan Ndoye, tetapi arah bola masih melebar di sisi kiri gawang Italia.

Gawang Italia kembali terancam pada menit ke-24 ketika Breel Embolo lolos dari jebakan offside dan tinggal menghadapi Donnarumma, namun tembakannya berhasil ditepis kapten Italia tersebut. Swiss terus menekan dan mencoba membongkar pertahanan Italia. Pada menit ke-32, Ricardo Rodriguez mendapat ruang tembak di luar kotak penalti, tetapi sepakannya masih melambung di atas gawang Donnarumma.

Usaha Swiss akhirnya membuahkan gol pada menit ke-37 ketika Freuler masuk ke kotak penalti untuk menyambut umpan silang dari Vargas. Dia mengontrol bola sebelum melepaskan tembakan ke sudut kiri gawang Italia yang gagal dihentikan Donnarumma. Skor menjadi 1-0. Swiss hampir mencetak gol kedua andai saja Donnarumma gagal menepis tendangan bebas Fabian Rieder pada menit ke-45. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Swiss memulai babak kedua dengan cemerlang dan berhasil menggandakan keunggulan pada menit ke-46. Dari kick-off babak kedua, Swiss merebut bola dari Italia dan Michel Aebischer memberikan umpan ke Vargas, yang menemukan ruang di depan kotak penalti sebelum melepaskan tembakan melengkung melewati Donnarumma. Swiss unggul 2-0.

Ini merupakan gol kedelapan Ruben Vargas untuk Timnas Swiss dan yang pertama di kompetisi Euro.

Italia nyaris mencetak gol pada menit ke-51 ketika sundulan Fabian Schar untuk membuang bola justru mengarah ke gawang Yann Sommer, namun bola masih mengenai mistar gawang. Italia kembali mendapatkan peluang emas untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-74, tetapi sundulan Scamacca masih membentur mistar gawang Swiss.

Swiss yang mengandalkan serangan balik setelah memimpin dua gol kembali mendapat peluang pada menit 82, tetapi tendangan Steven Zuber masih melenceng tipis dari gawang Italia. Swiss mencoba untuk mempertahankan keunggulan dengan menguasai bola lebih lama di sisa waktu pertandingan dan sukses meraih kemenangan atas Italia, mengamankan tempat di babak perempat final Euro 2024.

Susunan Pemain

Swiss (3-4-2-1): Yann Sommer, Fabian Schar, Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez, Michel Aebischer (Renato Steffen 90+2′), Remo Freuler, Granit Xhaka, Fabian Rieder (Leonidas Stergiou 71′), Ruben Vargas (Steven Zuber 71′), Dan Ndoye (Vincent Sierro 77′), Breel Embolo (Kwadwo Duah 77′).

Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma, Matteo Darmian (Andrea Cambiaso 75′), Alessandro Bastoni, Gianluca Mancini, Giovanni Di Lorenzo, Nicolo Barella (Mateo Retegui 64′), Nicolo Fagioli (Davide Frattesi 86′), Bryan Cristante (Lorenzo Pellegrini 75′), Stephan El Shaarawy, Gianluca Scamacca, Federico Chiesa.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker