Pemerintah Kota Tidore Gelar Bimtek HCDP untuk Tingkatkan Kompetensi ASN

Abadikini.com, TIDORE – Human Capital Development Plan (HCDP) atau Analisis Kebutuhan Pengembangan Kompetensi ASN merupakan langkah strategis Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan dalam mempersiapkan Aparatur Sipil Negara (ASN) menghadapi tantangan dan tuntutan birokrasi modern.

Kepala Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kota Tidore Kepulauan, Rusdy Thamrin, menyampaikan hal tersebut saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) HCDP di Aula Kantor Dinas Pendidikan Kota Tidore Kepulauan, Senin (1/7/2024).

“Kegiatan HCDP ini merupakan tuntutan dalam instansi pemerintah, dengan tujuan agar setiap kegiatan pengembangan kompetensi ASN benar-benar relevan dengan pekerjaan serta latar belakang pendidikan mereka,” ujar Rusdy.

Rusdy juga menekankan pentingnya kemampuan beradaptasi, menjunjung tinggi idealisme, bekerja keras sesuai dengan kemampuan, serta meningkatkan kompetensi manajerial, teknis, dan sosial kultural.

Dia berharap para peserta dapat mengikuti Bimtek dengan baik dan merespons kebutuhan yang diperlukan untuk menyusun dokumen HCDP bagi Pemerintah Kota Tidore Kepulauan.

Sekretaris Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kota Tidore Kepulauan, Walid Muhammad, dalam laporannya menjelaskan bahwa tujuan Bimtek HCDP adalah menyediakan data valid mengenai kebutuhan dan prioritas pengembangan kompetensi ASN sesuai arah pembangunan dan potensi daerah Kota Tidore Kepulauan.

Walid menambahkan bahwa tujuan Bimtek ini adalah memetakan potensi SDM aparatur yang ada, mengidentifikasi kesenjangan yang timbul, serta menentukan kebutuhan kompetensi yang perlu dipenuhi untuk mencapai visi dan misi pemerintah daerah serta arah kebijakan pembangunan nasional. Dokumen ini akan menjadi rujukan bagi para pemangku kepentingan terkait pengembangan SDM di Kota Tidore Kepulauan, dengan pembiayaan melalui APBD, lembaga kementerian, swasta, atau sumber lain yang tidak mengikat.

Bimtek ini akan berlangsung selama dua hari, Senin-Selasa (1-2/7/2024), dan diikuti oleh seluruh Kasubag Kepegawaian pada masing-masing OPD. Narasumber dalam kegiatan ini berasal dari Lembaga Administrasi Republik Indonesia, yakni Fani Heru Wismono dan Amelia Ayang Sabrina.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker