Terobosan Twenty One ASN Tingkatkan Profesionalisme ASN di Kota Tidore

Abadikini.com, TIDORE – Melalui inisiatif baru bertajuk “Twenty One ASN” atau Pemenuhan 20 JP bagi ASN yang digagas oleh Farid Abdurrahman, Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Aparatur Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Tidore, upaya peningkatan Indeks Profesional ASN di Lingkup Pemerintah Kota Tidore Kepulauan diharapkan dapat tercapai. Farid adalah salah satu peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan I Tahun 2024.

Sosialisasi Pemenuhan 20 JP bagi ASN tersebut diselenggarakan dalam bentuk Bimbingan Teknis (Bimtek) Twenty One ASN kepada para perwakilan ASN di Lingkup Pemerintah Kota Tidore Kepulauan yang digelar di Aula Handayani, Kantor Dinas Pendidikan Kota Tidore Kepulauan, Selasa (2/7/2024).

“Ide aksi perubahan ini lahir dari tindak lanjut Proyek Perubahan Kepala BKPSDM Kota Tidore Kepulauan pada Tahun 2023, yang fokus pada peningkatan Indeks Profesionalitas ASN. Selain itu, kami juga melakukan kegiatan pengembangan Kompetensi ASN khususnya bagi para kasubag kepegawaian pada setiap OPD,” ungkap Farid.

Farid menambahkan bahwa semangatnya untuk pengembangan kompetensi ASN di lingkungan pemerintah kota Tidore ke depan lebih mengarah pada tuntutan dan penyesuaian pekerjaan, yaitu dengan melakukan bimtek penyusunan Human Capital Development Plan dan ASN Corporate University di lingkungan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan. Hal ini bertujuan agar Pemerintah Kota Tidore Kepulauan memiliki dokumen human capital development plan serta proses pembelajaran yang terintegrasi.

“Bukan hanya output yang dihasilkan, namun outcome yang bisa bermanfaat dan berkelanjutan. Dengan kewenangan yang dimiliki Reformer dalam pengelolaan SDM Aparatur, kami juga akan melakukan kerja sama dengan Lembaga Administrasi Negara RI dan Pemda Kota Tangerang,” tambah Farid.

Farid berharap, melalui kerjasama tersebut seluruh ASN di lingkungan pemerintah Kota Tidore Kepulauan dapat mengakses platform pembelajaran yang disediakan oleh LAN-RI dan Pemerintah Daerah Kota Tangerang secara gratis. Meski tantangan dan tahapan untuk merealisasikan kedua kegiatan tersebut tidaklah mudah, upaya untuk merealisasikannya akan terus dipelihara dengan mempersiapkan segala hal terkait prosesnya.

Mendukung aksi perubahan ini, Kepala BKPSDM Rusdy Thamrin memberikan dukungan penuh kepada Farid, dengan harapan profesionalitas ASN Kota Tidore Kepulauan, khususnya pada indikator Kualifikasi dan Kompetensi, dapat terpenuhi dengan baik.

“Saya mendukung aksi perubahan ini, karena ini adalah tuntutan yang harus dilaksanakan oleh setiap pemerintah daerah. Semangat Reformer akan terus kami backup dan kami akan sampaikan kepada pimpinan untuk dapat dimasukkan dalam program dan kegiatan di tahun mendatang. Harapannya, peningkatan Indeks Profesionalitas ASN Kota Tidore Kepulauan khususnya pada indikator Kualifikasi dan Kompetensi dapat terpenuhi dengan baik,” ujar Rusdy.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker