Unhan RI dan ABDB Brunei Perkuat Kerja Sama Melalui Kunjungan Courtesy Call

Abadikini.com, JAKARTA – Plt. Rektor Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI), Letnan Jenderal TNI Purn Jonni Mahroza, Ph.D., diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Kelembagaan, Inovasi, dan Teknologi Unhan RI, Mayor Jenderal TNI Dr. Ir. Susilo Adi Purwantoro, S.E., M.Eng.Sc., CIQnR., CIQaR., IPU., CIPA., ASEAN Eng., menerima kunjungan Courtesy Call Ketua delegasi Perwira Siswa (Pasis) Sesko Angkatan Bersenjata Diraja Brunei Darussalam (ABDB), Kolonel Pangiran Sharifuddin bin Pangiran Haji Yusof, beserta staf dan 37 Pasis Sesko ABDB. Kegiatan ini berlangsung di ruang tamu Rektor lantai -2, Kampus utama Bela Negara Unhan RI, Sentul, pada Selasa (2/7/2024).

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Mayor Jenderal TNI Dr. Ir. Susilo Adi Purwantoro, Rektor Unhan RI menyatakan bahwa kunjungan ini merupakan manifestasi dari hubungan kerja sama yang baik antara Indonesia dan Brunei Darussalam, khususnya dalam bidang pendidikan dan pertahanan.

Wakil Rektor menegaskan bahwa Unhan RI berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian guna menghasilkan pemimpin yang profesional dan pertahanan yang handal. Kunjungan ini diharapkan dapat membuka peluang untuk pertukaran pengetahuan, pengalaman, dan kerja sama di masa depan, serta memberikan wawasan baru bagi delegasi Brunei Darussalam tentang sistem pendidikan pertahanan di Indonesia.

Ketua delegasi Pasis Sesko ABDB, Kolonel Pangiran Sharifuddin bin Pangiran Haji Yusof, mengucapkan terima kasih kepada Rektor Unhan RI beserta jajarannya atas penerimaan delegasi di Unhan RI. Kunjungan ini juga bertujuan untuk memperkuat hubungan antara ABDB dan Unhan RI, khususnya dalam memperluas pengetahuan dan pengalaman di bidang pertahanan dan keamanan.

Kolonel Pangiran Sharifuddin juga menyampaikan apresiasi atas pemaparan oleh Rektor Unhan RI ke-7, Laksdya TNI Prof. Dr. Ir. Amarulla Octavian, M.Sc., DESD., ASEAN Eng., pada South East Asia Conference of Commandants 2023 di Brunei Darussalam. Dalam konferensi tersebut, Rektor Unhan RI ke-7 memaparkan mengenai “Peran Angkatan Laut Indonesia Dalam Mengatasi Perubahan Iklim”, yang memberikan inspirasi dan wawasan baru kepada para Pasis Sesko ABDB.

Selain Indonesia dan Brunei, delegasi Pasis Sesko ABDB juga terdiri dari peserta asal Amerika Serikat, Inggris, Singapura, Malaysia, Thailand, Kamboja, Selandia Baru, Bangladesh, Yordania, Oman, Filipina, dan Thailand.

Ketua delegasi berharap kerja sama antara kedua institusi akan terus menghasilkan pemikiran baru dan meningkatkan kualitas pendidikan militer, yang pada gilirannya akan memperkuat hubungan bilateral dan berkontribusi pada pemahaman dan stabilitas bersama.

Acara ini dilanjutkan dengan kuliah umum dari Dr. Editha Praditya Duarte, S.Sos., MIS., MA., dosen Unhan RI, tentang “Addressing Regional Security Challenges: Indonesia’s Defense Policy Response”. Kuliah ini membahas berbagai aspek seperti keamanan siber, berbagi intelijen dan data, keamanan pangan, ekonomi (penangkapan ikan ilegal, penyelundupan barang, pencurian pasir), keamanan energi, pelanggaran perbatasan, dan kejahatan lintas negara (narkoba dan perdagangan manusia, perompakan).

Dalam kunjungan ini juga dilaksanakan penyerahan cinderamata oleh Wakil Rektor kepada Ketua delegasi Pasis Sesko ABDB serta pengisian buku tamu Rektor Unhan RI oleh Ketua Delegasi Pasis Sesko ABDB.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Pertahanan (FSTP) Unhan RI, Prof. Dr. Ir. Muhammad Asvial, M.Eng., Dekan FMIPA Militer Unhan RI, Dr. Ir. Ence Darmo Jaya Supena, M.Si., Kepala Biro Kerjasama dan Hubungan Masyarakat Unhan RI, Brigjen TNI Basuki Darmawan, S.Pd., M.Ed., Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan (Karo AK) Unhan RI, Brigjen TNI Yudianto Putrajaya, S.E., M.M., serta perwakilan Kaprodi Unhan RI dan perwakilan mahasiswa program magister pascasarjana Unhan RI.

Seluruh rangkaian kegiatan courtesy call ini diakhiri dengan penyerahan sertifikat penghargaan dari Rektor Unhan RI kepada Dr. Editha Praditya Duarte, S.Sos., MIS., MA., yang diserahkan oleh Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Unhan RI, Mayjen TNI Dr. dr. Prihati Pujowaskito, Sp.JP(K), FIHA., MMRS., dilanjutkan dengan pemberian cinderamata dari para Pasis Sesko ABDB dan foto bersama.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker