Eksplorasi Taman Bunga ‘Isparta’ Türkiye: Surga Alam dan Sejarah di Musim Panen

Abadikini.com, JAKARTA – Isparta, yang dikenal sebagai “taman bunga” di Türkiye, telah menjadi tujuan ekowisata populer dalam beberapa tahun terakhir. Pengunjung berbondong-bondong mengunjungi taman mawar dan ladang lavender yang memukau di wilayah tersebut. Aroma bunga yang manis dan pemandangan alam yang menakjubkan menjadikan Isparta tempat yang wajib dikunjungi, ditambah dengan beragam aktivitas olahraga, masakan mewah, dan taman yang indah. Selain itu, Isparta berbatasan dengan Distrik Danau Türkiye yang terkenal, yang masuk dalam daftar “50 Tempat Terbaik untuk Berwisata di 2023”.

Negeri Mawar dan Lavender

Isparta, pusat mawar di Türkiye, menghasilkan 65% minyak mawar dunia. Produk makanan seperti manisan dan selai mawar dihasilkan dari mawar-mawar di daerah ini dan diproses secara modern. Berbagai produk kosmetik seperti air mawar, minyak mawar, serta parfum dan krim mawar juga diproduksi. Panen mawar tahunan, yang berlangsung pada akhir Mei dan Juni, dirayakan oleh warga dan pengunjung.

Selain itu, Isparta kini terkenal dengan produksi lavender. Kebun lavender di desa Kuyucak, distrik Keçiborlu, Isparta, menyumbang 90% dari produksi lavender di Türkiye. Lavender basah dan kering diproses menjadi krim, sabun, minyak, parfum, dan produk lainnya. Panen lavender dimulai dari akhir Juli hingga pertengahan Agustus.

Bintang Terang di Wilayah Danau

Pesona Isparta tidak hanya terbatas pada taman mawar dan lavender, tetapi juga meliputi sebagian besar Kawasan Danau di Basin Mediterania. Selama perjalanan ke Isparta, Anda dapat mengunjungi Danau Eğirdir, danau terbesar di wilayah ini, dan Kovada yang terletak di taman nasional. Kota “CittaSlow” Eğirdir di tepi Danau Eğirdir menawarkan keajaiban alam indah yang dikelilingi oleh kebun apel terkenal. Pengunjung dapat berjalan kaki atau bersepeda mengelilingi danau, menikmati wisata perahu, dan menyantap ikan segar di restoran tepi danau.

Di Danau Eğirdir, terdapat Pulau Can yang relatif sepi dan sering digunakan untuk berkemah dan piknik, serta Pulau Yeşil yang memiliki desa dengan rumah-rumah kayu dan jalan-jalan sempit, terkenal dengan Gereja Aya Stefanos, sebuah situs Kristen terkemuka. Selain Danau Eğirdir, distrik ini juga memiliki Kastil Eğirdir dari zaman Romawi Timur, dan Masjid Hızırbey yang berusia 800 tahun. Kovada menawarkan pemandangan indah dengan flora dan faunanya yang unik, dan taman nasional di sekitarnya merupakan destinasi favorit untuk fotografi alam,

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker