Pelatihan Tenaga Terampil Konstruksi 2024 di Tidore Kepulauan Resmi Dibuka

Abadikini.com, TIDORE – Pelatihan Tenaga Terampil Konstruksi Kota Tidore Kepulauan Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tidore Kepulauan resmi dibuka oleh Walikota Kota Tidore Kepulauan, diwakili oleh Staf Ahli Walikota Bidang Ekonomi, Pembangunan, dan Keuangan, Abdul Hakim Adjam, di Aula SMK N 1 Kota Tidore Kepulauan, Rabu (3/7/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Abdul Hakim Adjam menyampaikan bahwa pembangunan infrastruktur merupakan salah satu program unggulan dalam mendukung pembangunan ekonomi. Namun, sektor konstruksi saat ini menghadapi isu serius terkait rendahnya kualitas pekerjaan konstruksi, yang ditandai dengan hasil konstruksi yang cepat rusak serta adanya kasus kecelakaan konstruksi dan kegagalan bangunan.

“Walaupun kegagalan bangunan maupun kecelakaan konstruksi biasa terjadi karena faktor alam, faktor human error hingga kini masih menjadi penyebab utama, baik pada sisi perencanaan, pelaksanaan, pengawasan maupun pengguna jasa. Kunci dari usaha menciptakan keunggulan tenaga kerja konstruksi terletak pada peningkatan kompetensi,” katanya.

Abdul Hakim Adjam menambahkan bahwa efisiensi dan kualitas infrastruktur sangat bergantung pada kehandalan kompetensi sumber daya manusia konstruksi. Oleh sebab itu, tujuan diadakannya pelatihan ini adalah untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja konstruksi bersertifikat, meningkatkan daya saing, serta menjamin mutu pekerjaan konstruksi.

Ia juga berharap peserta pelatihan memiliki motivasi tinggi dalam setiap tahapan pelatihan, sehingga materi yang diberikan dapat terserap dengan baik dan diterapkan di lapangan. “Selain itu, diharapkan kegiatan ini berdampak pada peserta yang memiliki kompetensi di bidang konstruksi, sehingga ke depannya dapat diaplikasikan di semua pekerjaan konstruksi,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kota Tidore Kepulauan, Abdul Muis A. Husein, dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan diadakannya pelatihan ini adalah untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja konstruksi bersertifikat dan meningkatkan daya saing melalui peningkatan kompetensi.

Pelatihan ini diikuti oleh 40 peserta yang merupakan tenaga tukang perwakilan dari Kelurahan dan Desa di beberapa kecamatan di Kota Tidore Kepulauan. Pelatihan dilaksanakan selama dua hari, Rabu-Kamis (3-4/7/2024), dengan menghadirkan narasumber dari Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi Maluku Utara, Marlina Kamis.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker