Prajurit TNI Bersinar di Konferensi Internasional Keamanan Maritim Turkiye

Abadikini.com, TURKIYE – Letkol Laut (P) Bagus Jatmiko, S.H., M.S., M.Tr.Hanla, Ph.D (Cand.), salah satu prajurit terbaik Tentara Nasional Indonesia (TNI), kembali mengukir prestasi di kancah internasional. Kandidat doktor ilmu informasi dari Naval Postgraduate School (NPS) di Monterey, California ini menjadi salah satu pembicara dalam konferensi internasional mengenai keamanan maritim yang diselenggarakan oleh Pusat Kajian Keamanan Maritim “MARSEC-COE” (Maritime Security – Center of Excellence) Angkatan Laut Turki, yang terafiliasi dengan NATO. Konferensi ini berlangsung di Istanbul, Turkiye, dari tanggal 27 hingga 28 Juni 2024.

Pada kesempatan tersebut, Letkol Laut (P) Bagus Jatmiko memaparkan tulisannya yang ditulis bersama Laksamana (Purn) Prof. Dr. Marsetio, berjudul “The Significance of ASEAN Regional MDA Infrastructure in South China Sea Conflict”. Tulisan ini dipresentasikan dalam panel kedua dengan topik “Safeguarding the Seas: Law and Strategy for Critical Maritime Infrastructure Protection”, yang dimoderatori oleh Dr. Emily J. Holland, Deputy POLAD for CUI/MARCOM dan Assistant Professor di US Naval War College bidang kajian Maritim Rusia.

Dalam paparannya, Perwira Menengah alumni Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan 47 ini membahas pentingnya integrasi data serta infrastruktur MDA (Maritime Domain Awareness) negara-negara anggota ASEAN di kawasan Laut Cina Selatan. Integrasi ini dianggap krusial dalam menghadapi konflik yang terjadi di wilayah tersebut dan dapat berkontribusi pada upaya mitigasi permasalahan keamanan maritim di kawasan. Konferensi ini dihadiri oleh para ahli, akademisi, dan praktisi keamanan maritim dari berbagai negara di seluruh dunia.

Di tempat terpisah, Kapuspen TNI Mayjen TNI Dr. Nugraha Gumilar, M.Sc., memberikan apresiasi kepada Letkol Laut (P) Bagus Jatmiko atas prestasinya. Beliau berharap prestasi ini dapat menjadi inspirasi bagi personel TNI lainnya dalam mengharumkan nama bangsa dan negara. “Luar biasa, semoga bisa dicontoh oleh prajurit lainnya agar bisa berprestasi di kancah nasional dan internasional,” ungkap Kapuspen TNI.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker