Pekan Budaya Kota Rempah: Membangkitkan Warisan dan Kolaborasi di Bumi Moloku Kie Raha

Abadikini.com, TERNATE – Pekan Budaya Kota Rempah yang diluncurkan di LandMark Kota Ternate pada Sabtu (13/7/2024) malam, menjadi simbol penting bagi kebersamaan dan koordinasi yang baik antar pihak terkait dalam upaya membumikan Kota Rempah di Bumi Moloku Kie Raha.

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum, Yakub Husain, Wali Kota Tidore Kepulauan menegaskan bahwa momen ini harus disambut dan didukung dengan sepenuh hati. “Launching Pekan Budaya Kota Rempah ini merupakan simbol bahwa kita harus berdiri bersama, menjalin koordinasi yang baik antara setiap pihak terkait, untuk mulai aktif membumikan Kota Rempah di Bumi Moloku Kie Raha,” ujar Yakub.

Yakub juga menambahkan bahwa kegiatan ini adalah peluang untuk membangun kembali sejarah besar Kota Rempah di masa kini. “Kerjasama dalam acara ini dapat membawa dampak positif bagi sektor ekonomi, pendidikan, dan pariwisata di Kota Ternate dan Kota Tidore Kepulauan,” tuturnya.

Pj. Gubernur Maluku Utara, Samsuddin Abdul Kadir, dalam kesempatan yang sama, menyampaikan bahwa tema “Merawat Tanah Leluhur” pada acara ini adalah upaya untuk melindungi dan melestarikan budaya sebagai warisan leluhur di tanah Maluku Kie Raha. “Pelaksanaan Pekan Budaya Kota Rempah ini tidak hanya sekadar seremonial, tetapi merupakan panggung untuk kita saling menghargai, merayakan, dan meresapi warisan budaya kita bersama,” kata Samsuddin.

Samsuddin juga berharap bahwa Pekan Budaya Kota Rempah dapat memberikan dampak positif khususnya di Kota Ternate dan Kota Tidore Kepulauan. “Kota Tidore dikenal dengan titik nol jalur rempah, sedangkan Kota Ternate dikenal sebagai Kota Rempah,” tambahnya.

Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XXI Provinsi Maluku Utara, Kuswanto, menjelaskan bahwa pelaksanaan Pekan Budaya Kota Rempah di Ternate dan Tidore Kepulauan adalah upaya untuk melestarikan budaya, terutama potensi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) dan objek pemajuan budaya di Maluku Utara. “Pekan Budaya Kota Rempah ini akan dilaksanakan pada tanggal 6 sampai 10 Agustus dan akan dipusatkan di Tugulufa dan Benteng Tore Kota Tidore Kepulauan, dengan berbagai kegiatan seni dan budaya,” ungkap Kuswanto.

Acara ini dihadiri oleh Pj Gubernur Maluku Utara, Wali Kota Ternate, Forkopimda Maluku Utara, Kepala BIN Daerah Maluku Utara, Pimpinan OPD Kota Ternate dan Kota Tidore Kepulauan, Ketua DPRD Kota Tidore Kepulauan, serta para komunitas budaya, seniman, dan komunitas digital.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 slot deposit 5000 cahaya128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128 ufo777 slot gacor planet128 planet128 rawit128 turbo128 rawit128 planet128 rawit128 turbo128 planet128 rawit128 planet128 planet128 planet128 planet128 turbo128 planet128 planet128 planet128 turbo128 turbo128 planet128 rawit128 rawit128 turbo128