Prabowo Terima Kunjungan PM Papua Nugini, Bahas Kerja Sama Pertahanan

Abadikini.com, JAKARTA – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Papua Nugini, H.E. Mr. James Marape, di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Senin (15/7/2024).

Menhan Prabowo memberikan apresiasi atas pertemuan ini dan mengucapkan terima kasih kepada PM James. “Suatu kehormatan H.E. Mr. James Marape datang ke Kementerian Pertahanan,” kata Menhan.

Dalam sambutannya, Menhan Prabowo menyampaikan bahwa Indonesia selalu memandang Papua Nugini sebagai sahabat, khususnya di bidang pertahanan. “Beliau sangat ingin memelihara hubungan yang dekat dengan Indonesia dan saya juga demikian. Presiden Joko Widodo baru saja berkunjung ke Papua Nugini. Saya juga berjanji akan segera berkunjung. Banyak bidang yang kita bisa lanjutkan kerja sama,” ujar Menhan Prabowo.

Menhan Prabowo juga memaparkan bentuk kerja sama yang telah dibuka oleh Indonesia untuk Papua Nugini. “Saya sudah menawarkan sejak tahun lalu agar lembaga pendidikan di TNI terbuka untuk pemuda-pemudi dari Papua Nugini, perwira-perwira muda mereka, taruna-taruna mereka, kami undang. Saat ini, sudah ada dari Timor Timur di Akmil Magelang. Juga untuk Universitas Pertahanan, kami membuka kesempatan bagi mereka. Mereka sangat menghargai,” ungkap Menhan.

“Kita ingin memelihara hubungan yang baik. Mereka juga memiliki filosofi yang sama dengan kita. Mereka ingin menghormati semua negara, semua kekuatan. Kita punya pandangan yang hampir sama dalam menghormati semua negara,” tambah Menhan.

Terkait pembahasan kerja sama pertahanan di perbatasan, Menhan mengungkapkan bahwa hubungan Indonesia dan Papua Nugini sangat baik. “Kerja sama kita sangat baik dan kita harus tahu bahwa banyak sekali warga di perbatasan itu berada di kedua bagian dari perbatasan. Mereka sangat menghormati kedaulatan kita,” tegas Menhan Prabowo.

Dalam pertemuan dengan PM James, Menhan Prabowo didampingi oleh Wakil Menteri Pertahanan M. Herindra dan Kepala Badan Sarana Pertahanan (Kabaranahan) Kemhan RI Marsdya TNI Yusuf Jauhari.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 rawit128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128 ufo777 slot gacor planet128 planet128 rawit128 turbo128 turbo128 planet128 rawit128 turbo128 planet128 rawit128 planet128 planet128 planet128 planet128 turbo128 planet128 planet128 planet128