Ini Daftar Sekutu Iran Apabila Perang Lawan Israel

Abadikini.com, JAKARTA – Iran terus meningkatkan upaya diplomatiknya untuk menggalang dukungan Internasional dalam mengutuk Israel. Langkah ini diambil setelah ketegangan atas pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh di Teheran pekan lalu.

Di sisi lain, jika Iran menyerang Israel secara langsung, maka perang besar bisa kembali terjadi di Timur Tengah. Lalu siapa saja negara sekutu Iran yang siap membantu jika terjadi perang antara kedua negara tersebut?

Selama empat dekade sejak Revolusi Islam, Iran telah membentuk dan mendukung sejumlah pasukan tempur sekutu-nya di seluruh Timur Tengah.

Pejuang dari negara-negara mayoritas Muslim Syiah seperti Irak dan Lebanon merupakan proksi utama Iran, akan tetapi kelompok-kelompok dari wilayah Palestina yang mayoritas penduduknya Sunni, Suriah, dan Yaman juga telah membentuk asosiasi dengan Iran.

Inti dari jaringan ini adalah Hizbullah, yakni sebuah partai politik dan kelompok militan Lebanon yang terkenal karena aksi terorisnya, yang telah membantu Iran menjembatani perpecahan Syiah Arab-Persia.

Hizbullah juga membantu Iran mendukung rezim Bashar al-Assad dalam perang saudara di Suriah, di mana Hizbullah berupaya untuk membawa milisi lain untuk membela rezim tersebut.

Rusia adalah sekutu Iran di luar Timur Tengah. Moskow sudah menjadi sekutu militer Iran, dan karena perang Ukraina, Rusia berselisih dengan negara-negara Eropa dan Barat lainnya, termasuk Amerika Serikat (AS), sehingga Rusia juga bisa memihak Iran.

Rusia dikatakan juga bisa memobilisasi sekutu-sekutunya, China dan Korea Utara, untuk memihak Iran jika perang meletus dengan Israel.

Sementara Pakistan, yang mayoritas Sunni, menganggap Iran, yang mayoritas Syiah, sebagai negara musuh, sehingga negara ini dilaporkan akan berada bersama AS. Sementara India bisa tetap netral dalam hal ini. Namun, Arab Saudi juga tidak bisa menjadi pembantu Iran sebab hubungan kedua negara tidak baik.

Berikut daftar negara dengan kelompok yang mendukung Iran di Timur Tengah:

 

Bahrain

– Al-Ashtar Brigades

Irak

– Kata’ib Hizbullah

– Badr Organization

– Asa’ib Ahl al-Haq

– Hezbollah Harakat al-Nujaba

– Kata’ib Sayyed al-Shuhada

Lebanon

– Hizbullah

Palestina

– Hamas

– Jihad Islam Palestina

Suriah

– Fatemiyoun Brigade

– Zainabiyoun Brigade

– Quwat al-Ridha

– Baqir Brigade

Yaman

– Gerakan Houthi

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 slot deposit 5000 cahaya128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128 ufo777 slot gacor planet128 planet128 rawit128 turbo128 rawit128 planet128 rawit128 turbo128 planet128 rawit128 planet128 planet128 planet128 planet128 turbo128 planet128 planet128 planet128 turbo128 turbo128 planet128 rawit128 rawit128 planet128 turbo128 Slot Thailand -