Olimpiade Santri Persatuan Islam Wujudkan Capaian Pendidikan Tafaqquh Fiddin

Abadikini.com, BANDUNG – Ketua Bidang Tarbiyah Pimpinan Pusat Persatuan Islam (PERSIS), Ustaz Dr. Tiar Anwar Bachtiar, menyatakan bahwa penyelenggaraan Olimpiade Santri Persatuan Islam (OSPI) merupakan bentuk rasa syukur atas keberhasilan pendidikan di Pesantren PERSIS. Acara ini tidak hanya sekadar ajang kompetisi, tetapi juga untuk menunjukkan bahwa para santri mampu mencapai tujuan utama pendidikan PERSIS, yaitu Tafaqquh Fiddin atau pemahaman mendalam terhadap agama.

“Kami tidak semata-mata ingin memperlombakan anak-anak kita, namun ingin memperlihatkan bahwa mereka telah mencapai target utama pendidikan di PERSIS, yakni Tafaqquh Fiddin. Oleh karena itu, semua yang diperlombakan di sini adalah ilmu agama,” ungkap Ustaz Dr. Tiar saat diwawancarai persis.or.id di sela-sela pembukaan OSPI di Ciganitri, Jumat (23/8/2024).

Ustaz Dr. Tiar juga menjelaskan bahwa OSPI menjadi salah satu indikator keberhasilan pendidikan di PERSIS. Acara ini sejalan dengan pelaksanaan Ujian Akhir Pesantren (UAP) yang rutin diadakan setiap tahun untuk memantau kualitas pendidikan di Pesantren PERSIS.

“Kurikulum pendidikan khas Persatuan Islam telah rampung disempurnakan dan direncanakan akan diterapkan secara bertahap mulai tahun 2025,” tambahnya.

Ia juga menegaskan bahwa kajian kurikulum telah diuji dan akan terus diperbaiki untuk menyempurnakan esensi pendidikan di Pesantren PERSIS. Ustaz Dr. Tiar berharap OSPI dapat menjadi awal kebangkitan bagi Pesantren-Pesantren PERSIS di seluruh Indonesia.

Ustaz Dr. Tiar turut mengapresiasi kehadiran peserta dari berbagai Pesantren PERSIS di Indonesia, termasuk dari Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, dan Bangil, Jawa Timur, yang merupakan Pesantren terbesar kedua setelah Pajagalan Bandung.

“Untuk pertama kalinya, Pesantren PERSIS dari luar Jawa, seperti dari OKU Sumatera Selatan yang baru saja dua tahun berdiri, dapat hadir dan berpartisipasi dalam acara ini,” ujarnya.

Selain itu, Ustaz Dr. Tiar mengapresiasi Pesantren PERSIS di mana pun berada yang terus memberikan pendidikan terbaik bagi masyarakat, dengan biaya yang sangat terjangkau tanpa mengorbankan kualitas pendidikan.

“Kelebihan Pesantren PERSIS adalah mampu memberikan pendidikan berkualitas dengan biaya terjangkau, sehingga dapat melayani masyarakat dari kalangan ekonomi menengah ke bawah,” tegas Ustaz Dr. Tiar.

Dengan tetap mengutamakan kualitas pendidikan, Pesantren PERSIS diharapkan dapat terus berperan dalam melayani umat melalui pendidikan yang inklusif dan berkualitas.

Sumber: Persis.or.id

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 slot deposit 5000 cahaya128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128 ufo777 slot gacor planet128 planet128 rawit128 turbo128 rawit128 planet128 rawit128 turbo128 planet128 rawit128 planet128 planet128 planet128 planet128 turbo128 planet128 planet128 planet128 turbo128 turbo128 planet128 rawit128 rawit128 planet128 turbo128