Selesai KKN di Semau dan Oenoni, Mahasiswa UNJ dan UPN Veteran Presentasi Ke Pemkab Kupang

Abadikini.com, KUPANG – Mahasiswa dari Universitas Negeri Jember (UNJ), Universitas Pembangunan Nasional Veteran Surabaya (UPN Veteran), dan Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, secara kolektif telah menyelesaikan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun 2024 di 2 tempat di Kabupaten Kupang, yaitu di Desa Oenoni, Kecamatan Amarasi, dan Di Pulau Semau. Setelah sebulan penuh mereka mengabdi di Masyarakat, pada Jumat (23/8), mereka mempresentasikan kegiatan-kegiatan mereka saat melaksanakan KKN kepada Pemerintah Kabupaten Kupang, di Ruang Rapat  Bupati Kupang, Oelamasi.

Penjabat Bupati Kupang Alexon Lumba diwakili oleh Plt.Asisten 1 Sekda Kabupaten Kupang Juhardi Selan,menyambut langsung rombongan yang difasilitasi LSM Ume Daya Nusantara (UDN) tersebut.

Juhardi Selan dalam kesempatan tersebut setelah mendengar presentasi mereka memberi apresiasi tinggi kepada ke-3 Univeritas yang telah menyelesaikan KKN  di 2 tempat di Kabupatern Kupang dengan sangat baik, bahkan telah memberi masukan-masukan inovasi yang sangat bermanfaat untuk peningkatan usaha masyarakat tempat mereka melakukan KKN. Bahkan menurut Juhardi Selan, masukan-masukan yang diberikan para Mahasiswa, akan dipertimbangkan untuk dimasukan dalam Rencana Pembangunan Pemerintah Kabupaten Kupang kedepannya.

“Harus diakui kita di Kabupaten Kupang memiliki Sumber Daya Alam yang sangat luar biasa, namun Sumber Daya Manusia kita sangat terbatas. Oleh karena itu saya berterimakasih karena adik-adik sudah memberikan masukan-masukan inovasi yang sangat berguna untuk masyarakat  untuk meningkatkan perekonomian. Kami memastikan apa yang sudah adik-adik berikan ini akan kami tingkatkan, tentu juga untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Kupang”, ujar Juhardi Selan.

Salah seorang Mahasiswa dari UNJ  yang melaksanakan KKN di Pulau Semau Wildan Maulana mengatakan,  bidang pertanian, pariwisata, dan sistim informasi, di Pulau Semau coba mereka masukan inovasi mereka agar meningkat.

Dijelaskan di bidang pertanian, karena hasil pertanian Semau yang besar, mereka coba maksimalkan dengan membuat Pupuk Kohe dari kotoran ternak, untuk semakin meningkatkan hasil pertanian dan juga memakimalkan banyaknya ternak di Pulau Semau, dan juga mereka membuat inovasi dari hasil pertanian yaitu abon ikan, abon mangga, dan manisan mangga.

Dibidang pariwisata mereka membuat informasi-informasi wisata Pulau Semau secara digital maupun pamphlet untuk mempromosikan Pariwisata Semau, hasilnya bisa dilihat pada Chanel Youtube : KKN PULAU SEMAU, serta juga merencanakan pembuatan Tourist Information Center, yang kelanjutannya akan diteruskan oleh Pemerintah Kecamatan Semau.

“Kami ada 14 orang yang terbagi di Desa Uiasa dan Batu Inan, dan kami lihat pariwisata di Pulau Semau sangat berpotensi besar namun belum dimaksimalkan. Semau ini adalah surga tersembunyi yang belum dimaksimalkan karena belum dikelola dengan baik”, ujar Wildan

Januar Sujanto, Mahasiswa UNJ yang melakukan KKN di Desa Oenoni mengatakan, selama melakukan KKN di Desa Oenoni yang coba mereka lakukan agar KKN mereka bermanfaat adalah melakukan kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat berdasarkan potensi masyarakat. Dilanjutkan, hasil pertanian di Oenoni yang berlimpah belum bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, karena dijual di pasaran secara mentah sehingga harganya rendah.

“Kami buat pelatihan di bidang kesehatan, peternakan, dan terutama dalam bidang wirausaha agar masyrakat mampu memasarkan hasil pertanian mereka dengan harga yang baik. Serta juga membuat pertanian polikultur yang belum ada di Oenoni, agar hasil pertanian meningkat. Yang terutama adalah melatih masyarakat memanfaatkan semua hasil pertanian dengan dikelola dan diatur secara baik sebelum dipasarkan, agar meningkatkan perekonomian”, jelas Januar.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, pimpinan UDN Damaris Tnunay dan Simon Sadi Open.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 slot deposit 5000 cahaya128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128 ufo777 slot gacor planet128 planet128 rawit128 turbo128 rawit128 planet128 rawit128 turbo128 planet128 rawit128 planet128 planet128 planet128 planet128 turbo128 planet128 planet128 planet128 turbo128 turbo128 planet128 rawit128 rawit128 planet128 turbo128 Slot Thailand -