Desa Bokong di Kabupaten Kupang Dipilih BPS Sebagai Desa Binaan dalam Program Desa Cantik 2024

Abadikini.com, KUPANG – Bertempat di Hotel T-More Kupang, berlangsungnya acara Pencanangan dan Bimbingan Teknis Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) 2024, dan Pembinaan Statistik Sektoral di Kabupaten Kupang, yang di inisiasi oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Kupang, Jumat (6/9/2024).

Penjabat Bupati Kupang, Alexon Lumba  yang membuka kegiatan, sekaligus melakukan pencanangan Desa Bokong sebagai desa binaan dalam program desa cinta statistik tahun 2024, dengan didampingi Plt.Sekda Novita Foenay, dalam sambutannya mengatakan, program Desa Cantik atau Desa Cinta Statistik adalah salah satu langkah strategis dalam mewujudkan desa yang mandiri dan berdaya saing.

“Melalui program ini, desa-desa akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola data. Dengan begitu, desa dapat menjadi sumber data yang valid dan akurat, yang sangat diperlukan dalam perencanaan pembangunan di tingkat desa hingga tingkat pusat,”ungkapnya.

Sambung Alexon, bimtek yang dilaksanakan ini adalah bagian dari upaya meningkatkan kapasitas aparatur desa. “Para Kepala Desa, perangkat desa dan pengelola data di desa, tahu bagaimana cara mengumpulkan, mengolah dan menganalisis data statistik, meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa dalam penyelenggaraan kegiatan statistik, mengoptimalkan penggunaan dan pemanfaatan data statistik sehingga program pembangunan di desa tepat sasaran,”kata Alexon.

Alexon berharap, pelaksanaan bimtek ini ada beberapa harapan yang menjadi tujuan utama untuk meningkatkan kualitas pengelolaan data di tingkat desa dan sektor-sektor pembangunan. Harapan ini mencakup aspek strategis, operasional hingga penguatan kolaborasi antara berbagai pihak.

Program Pembinaan Desa Cantik 2024 di Kabupaten Kupang ini, juga disampaikan Kepala BPS Provinsi NTT, Matamira Bangngu Kale. Ia menjelaskan bahwa desa/ kelurahan sebagai ujung tombak pembangunan desa, sekaligus ujung tombak pengumpulan data sektoral, perlu pembinaan statistik tingkat desa/ kelurahan untuk menghasilkan data berkualitas langsung dari sumbernya. Disebutkan Matamira Kale, desa cantik sebagai pembinaan statistik, yang meliputi kapabilitas statistik desa meningkat, data statistik yang dikelola desa semakin berkualitas, pengambilan keputusan berdasar data, dan pembangunan desa menjadi lebih tepat sasaran.

Sementara Kepala BPS Kabupaten Kupang, I Made Suantara menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan bulan september karena bertepatan dengan momentum Hari Statistik Nasional (HSN) yang diperingati setiap tanggal 26 September. “Bulan September ini, kami di BPS memeriahkan HSN dengan berbagai kegiatan yang bertujuan meningkatkan kesadaran akan pentingnya statistik. Oleh karena itu, pelaksanaan bimtek dan pencanangan Desa Cantik menjadi bagian dari semarak HSN yang kami rayakan di seluruh Indonesia,”jelas Suantara.

Acara ditandai dengan penandatanganan dukungan Desa Cantik 2024 oleh Pj.Bupati Kupang, Kepala BPS Provinsi, Kepala BPS Kabupaten Kupang, Dinas Kominfo Kabupaten Kupang, Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Kupang, Camat Taebenu, Kepala Desa Bokong. Kemudian dilanjutkan dengan materi pembinaan statistik sektoral dan pembinaan desa cantik 2024.

Turut hadir Kadis Kominfo Yawan Mau, Kabag Prokopim Beni Selan dan Camat Taebenu Melki Neno.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 slot deposit 5000 cahaya128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128 ufo777 slot gacor planet128 planet128 rawit128 turbo128 rawit128 planet128 rawit128 turbo128 planet128 rawit128 planet128 planet128 planet128 planet128 turbo128 planet128 planet128 planet128 turbo128 turbo128 planet128 rawit128 rawit128 planet128 turbo128 Slot Thailand -