Ini Dia Senjata Baru China Yang Bikin Orang Ketagihan
China punya senjata ajaib baru untuk menaklukkan dunia. Senjata tersebut adalah video game.
Setelah bertahun-tahun menunggu untuk dirilis, studio independen Tiongkok Game Science meluncurkan Black Myth: Wukong pada Agustus lalu dan langsung mendapat sorotan global. Game tersebut terjual 10 juta kopi hanya dalam waktu tiga hari, menjadi salah satu debut tercepat dalam sejarah game.
Media pemerintah China seperti CCTV dan Xinhua bahkan memberikan pujian pada Wukong sebagai ‘kemenangan’ budaya yang merupakan potensi besar untuk memperkenalkan budaya China kepada global.
“Wukong telah melampaui Laut Cina Timur, membawa serta esensi semangat budaya kita,” tulis Xinhua yang sering mengkritik dampak video game bagi anak muda.
Beberapa pembuat kebijakan menyebut daya tarik global Wukong menandakan bahwa China dapat menggunakan soft power mereka melalui game.
People’s Daily, corong resmi Partai Komunis China menyatakan bahwa pengembang harus menggunakan game untuk mempromosikan budaya bangsa.
Dikatakan bahwa keberhasilan game science berakar pada kemampuannya untuk memenuhi misi ini. Mereka kemudian membandingkan dampak game yang populer itu dengan “visa budaya” untuk memenangkan hati penonton internasional.
Pujian itu cukup mengejutkan mengingat masalah lama China dengan game. Negara ini adalah rumah bagi industri game terbesar di dunia, tetapi industri ini dikontrol ketat oleh pemerintah.
Anak di bawah umur dibatasi bermain game hanya satu jam per hari. Pengembang game pun harus tunduk pada penyensoran yang ketat.
Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Shanxi, di China barat laut, memanfaatkan momen melejitnya Wukong dengan merilis video yang memperlihatkan lokasi nyata yang menjadi inspirasi di dalam game.
Industri perhotelan juga memanfaatkan kesuksesan Wukong. Kamar hotel yang bertema Wukong penuh dipesan pelanggan.
Industri game global saat ini bernilai US$200 miliar, jauh melampaui film dan musik. Dan China adalah pasar game terbesar di dunia dengan hampir 700 juta pemain.
Konsultan industri Newzoo memproyeksikan pendapatan pasar video game negara itu akan mencapai US$45 miliar tahun ini, dibandingkan dengan US$47 miliar yang ada di pasar Amerika yang hanya memiliki sekitar 210 juta pemain.
Raksasa teknologi asal China Tencent menjadi distributor game terbesar di dunia yang melaporkan penjualan game seluler sebesar US$25,6 juta pada 2023.
Sementara analis industri game memproyeksikan pasar game China akan melampaui pendapatan US$57 miliar pada tahun 2027.