LaNyalla Apresiasi Peningkatan SDM di Papua Barat Daya melalui Pendidikan dan Olahraga

Abadikini.com, SORONG – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, menunjukkan komitmennya terhadap pengembangan Pulau Papua dengan menghadiri acara peletakan batu pertama SMK Papua Bangkit dan pendirian Sekolah Sepak Bola Kaki Belanda di Sorong, Papua Barat Daya, pada Sabtu (6/7/2024). Acara ini berlangsung di Lapangan Mooipark, Saoka, Distrik Sorong Barat, Kota Sorong.

Dalam sambutannya, LaNyalla menekankan pentingnya sekolah-sekolah ini untuk memajukan SDM di Papua, terutama dalam sektor pendidikan dan olahraga. Ia percaya bahwa kehadiran SMK Papua Bangkit, dengan fokus pada bidang energi dan pertambangan, dapat mengoptimalkan potensi lokal di sektor pertambangan.

“Saya hadir karena saya sangat cinta Papua. Saya yakin sekolah ini dapat memberikan kontribusi konkret dan nyata untuk melahirkan SDM-SDM unggul di dunia pendidikan dan olahraga di tanah Papua yang kita cintai ini. Sekaligus menjadi bagian dari dukungan Papua Barat Daya dalam menyongsong Indonesia Emas 2045,” ujar LaNyalla, yang disambut tepuk tangan meriah dari para hadirin.

LaNyalla juga mengapresiasi Sekolah Sepak Bola Kaki Belanda yang bertujuan mengembangkan talenta sepak bola di Papua, yang selama ini dikenal sebagai pusat lahirnya pemain-pemain berbakat di Indonesia. Ia menggarisbawahi bahwa pemain sepak bola asal Papua selalu menjadi andalan Tim Nasional Sepak Bola Indonesia di berbagai level umur.

“Saya lebih hormat kepada para pemain dari tanah Papua, ketimbang pemain sepak bola asing yang dikontrak oleh klub-klub di Indonesia. Karena kebanggaan kita harus tetap kepada anak bangsa yang lahir dan besar di tanah airnya,” lanjut LaNyalla.

Pendiri Sekolah Bola Kaki Belanda dan SMK Papua Bangkit, Paul Vincent Mayor, menyatakan rasa terima kasihnya atas kunjungan LaNyalla. Paul menekankan bahwa pembangunan sekolah ini adalah untuk mengembangkan SDM di Papua agar anak-anak Papua bisa memanfaatkan kekayaan alam daerah mereka.

Kepala Sekolah SMK Papua Bangkit, Petrus Lelmalaya, berharap kehadiran Ketua DPD RI dapat mendorong perhatian pemerintah pusat terhadap pendidikan di daerah, terutama di Sorong. Ia mengungkapkan kebutuhan mendesak akan sarana pendidikan dan transportasi untuk mendukung anak-anak Papua bersekolah.

Acara ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat seperti senator asal Jambi Elviana, M. Sanusi (Papua Barat Daya), Andi Ihsan (Sulsel), serta pejabat daerah dan tokoh masyarakat setempat.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 pay4d cahaya128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128 planet128 planet128 rawit128 turbo128 rawit128 planet128 rawit128 turbo128 planet128 rawit128 planet128 planet128 planet128 planet128 turbo128 planet128 planet128 planet128 turbo128 turbo128 planet128 rawit128 rawit128 planet128 turbo128 Slot Thailand -