Literasi Pentas Seni dan Budaya Vol 3 di Kelurahan Tosa Resmi Digelar

Abadikini.com, TIDORE – Staf Ahli Wali Kota Bidang Ekonomi Pembangunan dan Keuangan, Abdul Hakim Adjam, menghadiri dan membacakan sambutan Wakil Wali Kota pada pembukaan kegiatan Literasi Pentas Seni dan Budaya Vol. 3, kolaborasi antara Generasi Muda Tosa dan Mahasiswa Kuliah Kerja Sosial dan Dakwah (KKSD) Universitas Muhammadiyah Maluku Utara, di Lapangan Surumalao, Kelurahan Tosa, pada Jumat (5/7/2024) malam.

Dalam sambutannya, Abdul Hakim menyampaikan rasa bangga dan kehormatan dapat hadir di tengah pemuda yang penuh kreativitas. Baginya, acara ini merupakan bentuk nyata dari kolaborasi yang harmonis antara Generasi Muda Tosa dan Mahasiswa KKSD Universitas Muhammadiyah Maluku Utara, yang tentunya akan memberikan dampak positif bagi perkembangan seni dan budaya di Kota Tidore Kepulauan.

“Saya sangat mengapresiasi inisiatif ini. Saya yakin melalui acara seperti ini, kita dapat melestarikan dan memperkenalkan kekayaan budaya kita kepada masyarakat luas, sekaligus meningkatkan kecintaan generasi muda terhadap seni dan budaya lokal. Pentas seni dan budaya seperti ini juga menjadi sarana yang efektif untuk menumbuhkan rasa kebanggaan dan kepedulian terhadap warisan budaya kita,” tuturnya.

Lebih lanjut, Abdul Hakim berharap melalui kegiatan ini, dapat menginspirasi lebih banyak lagi pemuda untuk turut serta dalam upaya pelestarian dan pengembangan seni dan budaya di Kota Tidore Kepulauan. “Saya ucapkan terima kasih kepada panitia atas kerja keras dan dedikasinya dalam menyelenggarakan acara ini. Semoga apa yang kita lakukan hari ini dapat membawa manfaat bagi kemajuan literasi budaya di Kota Tidore,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Nursita Hamid dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan Pentas Seni dan Budaya Volume 3 Tahun 2024, kolaborasi Pemuda Surumalao Akesahu dengan Mahasiswa KKSD Universitas Muhammadiyah Maluku Utara, mengangkat tema “Satukan Generasi Muda Peduli Adat dan Budaya Tidore”. “Pentas seni dan budaya volume 3 merupakan kegiatan tahunan yang digagas oleh Forum Pemuda Pelajar Surumalao Akesahu dan telah diselenggarakan tiga tahun berturut-turut,” ujar Nursita.

Nursita mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberi kesadaran penuh kepada masyarakat Kelurahan Tosa, khususnya generasi muda, terkait pentingnya peduli terhadap tradisi lokal dan merawat nilai-nilai budaya. Selain itu, diharapkan Kelurahan Tosa dapat menjadi titik nol literasi budaya, serta mendorong kegiatan pentas seni dan budaya volume 3 untuk masuk ke kalender event Kota Tidore Kepulauan.

Kegiatan ini dimeriahkan oleh berbagai pengisi acara, baik dari Generasi Muda Kelurahan Tosa maupun dari Mahasiswa KKSD Muhammadiyah Maluku Utara, dengan menampilkan berbagai pementasan, mulai dari tarian daerah hingga musikalisasi puisi. Kegiatan ini juga didukung oleh Pemerintah Kelurahan Tosa, Wildhouse, Gekrafs Tidore, dan Tim Wange, serta media partner seperti Teropongmlut, Cucu Gogo, Potret Tidore, dan Halmaheranesia.com.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 pay4d cahaya128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128 planet128 planet128 rawit128 turbo128 rawit128 planet128 rawit128 turbo128 planet128 rawit128 planet128 planet128 planet128 planet128 turbo128 planet128 planet128 planet128 turbo128 turbo128 planet128 rawit128 rawit128 planet128 turbo128 Slot Thailand -