Kunjungan Pj. Bupati Kupang ke PT. Charoen Pokphand Jaya Farm: Harapan Besar bagi Peningkatan Ekonomi

Abadikini.com, KUPANG – Penjabat Bupati Kupang, Alexon Lumba, pada Jumat (6/7) melakukan kunjungan ke PT. Charoen Pokphand Jaya Farm, Unit Hatchery Indonesia, di Desa Oefafi, Kecamatan Kupang Timur. Kunjungan ini bertujuan untuk mempererat hubungan antara pemerintah daerah dan salah satu perusahaan peternakan terbesar di Nusa Tenggara Timur.

Dalam kunjungan tersebut, Alexon Lumba menyampaikan apresiasinya terhadap kinerja dan fasilitas yang dimiliki oleh PT. Charoen Pokphand. Menurutnya, kehadiran perusahaan ini akan memberikan dampak positif, tidak hanya dalam peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Kupang, tetapi juga dalam upaya pemberantasan stunting di wilayah tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi standar internasional yang diterapkan oleh PT. Charoen Pokphand di tempat usaha mereka di Desa Oefafi. Kehadiran perusahaan ini diharapkan dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Kabupaten Kupang, terutama yang berada di sekitar lokasi usaha,” ujar Alexon Lumba.

Alexon Lumba juga meminta agar PT. Charoen Pokphand selalu memberikan laporan yang diperlukan kepada pemerintah sebagai bagian dari kewajiban mereka dalam menjalankan usaha di Kabupaten Kupang. Laporan tersebut diharapkan dapat membantu pemerintah dalam memantau inflasi yang dipengaruhi oleh harga daging ayam dan telur, yang merupakan produk utama dari perusahaan tersebut.

“Setelah berkeliling dan mendengar penjelasan dari pihak PT. Charoen Pokphand, saya yakin banyak manfaat yang bisa diberikan kepada masyarakat Kabupaten Kupang, terutama di sekitar lokasi usaha. Data yang kami minta adalah untuk pelaporan hingga ke tingkat pusat, salah satunya terkait inflasi yang dipengaruhi oleh harga daging ayam dan telur,” jelas Alexon Lumba.

Selain itu, Alexon Lumba meminta agar kegiatan sosial yang dilakukan oleh PT. Charoen Pokphand, seperti pembagian telur kepada masyarakat, melibatkan pemerintah kabupaten agar lebih terorganisir dan tepat sasaran. Ia juga menegaskan pentingnya pelaporan keuangan mengenai modal dan pendapatan PT. Charoen Pokphand di Kabupaten Kupang untuk keperluan perijinan dan kontribusi pajak kepada daerah.

“Kegiatan pembagian telur dan mungkin daging ayam sebaiknya melibatkan Pemerintah Kabupaten Kupang agar lebih terorganisir dan dapat dinikmati oleh semua masyarakat. Selain itu, pelaporan keuangan yang mencakup modal, pemasukan, dan pengeluaran juga harus dilaporkan untuk perhitungan pajak daerah, serta laporan AMDAL yang harus dilengkapi,” tegas Alexon Lumba.

Dalam kesempatan yang sama, Humas PT. Charoen Pokphand, Antonius Lindi Jawa, melaporkan berbagai kegiatan yang dilaksanakan di sekitar lingkungan usaha, termasuk peternakan ayam, bibit ayam (DOC), dan usaha petelur yang sudah berstandar internasional. PT. Charoen Pokphand juga memberdayakan peternak lokal dengan menyediakan bibit ayam serta edukasi cara membuat kandang ayam yang benar.

“Karyawan yang bekerja di PT. Charoen Pokphand sudah melibatkan warga lokal, bahkan kami memberdayakan peternak lokal dengan menyediakan bibit ayam dan mengedukasi cara membuat kandang ayam yang benar. Hasil usaha mereka akan dipasarkan oleh PT. Charoen Pokphand,” ujar Antonius Lindi Jawa.

Perusahaan juga secara berkala membagikan telur dan daging ayam kepada posyandu dan puskesmas di sekitar tempat usaha, serta memberikan kontribusi kepada pemerintah desa dan kecamatan, serta tempat ibadah berupa material bangunan.

Dalam kunjungan tersebut, Pj. Bupati Kupang didampingi oleh Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Kupang Pandapotan Sialagan, Kepala Dinas Perijinan Guntur Subu Taopan, Camat Kupang Timur Ishak Lubalu, serta pihak TNI dan POLRI.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 pay4d cahaya128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128 planet128 planet128 rawit128 turbo128 rawit128 planet128 rawit128 turbo128 planet128 rawit128 planet128 planet128 planet128 planet128 turbo128 planet128 planet128 planet128 turbo128 turbo128 planet128 rawit128 rawit128 planet128 turbo128 Slot Thailand -