Jokowi Dorong Pengembangan Fasilitas Kesehatan di RSUD dr. Abdul Rivai, Berau

Abadikini.com, BERAU – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung fasilitas kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Abdul Rivai, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, pada Kamis (26/9/2024). Dalam kunjungannya, Presiden melihat berbagai fasilitas yang tersedia, seperti loket pelayanan, klinik gigi, klinik bedah, klinik penyakit dalam, serta sejumlah fasilitas kesehatan lainnya.

Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi atas perencanaan pengembangan RSUD dr. Abdul Rivai yang dinilai telah memiliki rencana pengembangan yang baik dan jelas. Ia juga menyatakan bahwa akan berbicara dengan presiden terpilih untuk memastikan pengembangan rumah sakit tersebut dapat segera terealisasi.

“RSUD dr. Abdul Rivai di Berau ini sudah memiliki master plan yang baik untuk pengembangan menjadi rumah sakit dengan standar yang lebih tinggi,” ujar Presiden Jokowi kepada awak media.

Presiden juga mendorong peningkatan pelayanan kesehatan di Berau, terutama untuk mengatasi keterbatasan fasilitas dan infrastruktur yang ada. Jokowi menekankan pentingnya peran pemerintah daerah dalam mendukung penyediaan gedung dan ruang tambahan, sementara perlengkapan medis akan disediakan oleh pemerintah pusat.

“Penambahan fasilitas seperti CT-scan, mamografi, cathlab, dan peralatan ICU akan disiapkan oleh pemerintah pusat. Namun, pemerintah daerah juga harus turut berperan dalam membangun ruang dan gedung yang diperlukan,” tegas Presiden.

Direktur RSUD dr. Abdul Rivai, dr. Jusram, dalam keterangan terpisah, menjelaskan bahwa tingkat hunian di rumah sakit tersebut mencapai 92 persen, yang melebihi kapasitas ideal. Ia juga menyoroti kebutuhan mendesak akan pembaruan alat kesehatan, seperti CT scan dan MRI, yang saat ini belum memadai.

“CT scan kami sudah berusia 11 tahun dan perlu diperbarui ke versi terbaru. Selain itu, kami juga masih harus merujuk pasien untuk MRI karena belum tersedia di sini,” ungkap dr. Jusram.

Ia menyampaikan rasa terima kasih atas perhatian Presiden Jokowi dan berharap kunjungan ini membawa dampak positif bagi perkembangan pelayanan kesehatan di Berau, terutama mengingat posisi Kabupaten Berau yang jauh dari pusat rujukan di Kalimantan Timur.

“Kami berharap kunjungan ini akan memberikan dampak nyata bagi pengembangan layanan kesehatan di Berau, khususnya RSUD dr. Abdul Rivai,” tambahnya.

Presiden Jokowi didampingi oleh sejumlah pejabat dalam kunjungan ini, termasuk Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang Raja Juli Antoni, Pj Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, Pj Bupati Berau Sufian Agus, dan Direktur RSUD dr. Abdul Rivai, dr. Jusram.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 pay4d cahaya128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128 planet128 planet128 rawit128 turbo128 rawit128 planet128 rawit128 turbo128 planet128 rawit128 planet128 planet128 planet128 planet128 turbo128 planet128 planet128 planet128 turbo128 turbo128 planet128 rawit128 rawit128 planet128 turbo128 Slot Thailand -