PBB Malut Optimis Pasangan AM-SAH Dapat Memenangkan Pilkada 2024

Abadikini.com, MALUT – Partai Bulan Bintang (PBB) yang masuk dalam jajaran partai-partai koalisi pendukung Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara, Aliong Mus-Syahril Thahir (AM-SAH) menunjukkan sikap optimisme untuk kemenangan AM-SAH.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Bulan Bintang (PBB) Provinsi Maluku Utara, Achmad Djabid, mengatakan, koalisi yang dibangun Golkar bersama Gerindra, PBB, Partai Garuda dan Perindo jika digabungkan akan berakumulasi pada perolehan suara yang signifikan untuk kemenangan AM-SAH.

Menurut Achmad Djabid, koalisi ini juga adalah modal kekuatan awal untuk mengantarkan AM-SAH menang.

Achmad yang juga berprofesi sebagai Lawyer ini mengatakan, sikap optimisme dirinya sebagai pimpinan partai untuk prediksi kemenangan AM-SAH didasarkan pada beberapa pertimbangan. Pertimbangan tersebut adalah, Aliong Mus dan Syahril Thahir (AM-SAH) adalah dua figur muda yang menjadi representasi keterwakilan dua etnis besar di Maluku Utara.

“Aliong Mus adalah representasi etnis Sula dan Taliabu sedangkan Syahril Thahir adalah representasi keterwakilan etnis Makian Kayoa (Makayoa),” ujarnya Selasa (1/10/2024).

Dikatakan Achmad Djabid, jika sisi elektabilitas dan popularitas ini dibedah secara khusus untuk dua putra Makayoa yang ikut ambil bagian dalam kontestasi Pilkada maka akan menunjukkan perbedaan signifikan.

Dua putra Makayoa tersebut adalah Syahril Thahir sebagai wakil dari Aliong Mus dan Asrul Rasyid Ichsan sebagai wakil Husain Sjah.

“Dua figur Makayoa ini jelas-jelas Syahril Thahir lebih unggul. Sisi elektabilitas dan popularitasnya jauh melampaui Asrul Rasyid,” tuturnya.

Menurut Achmad Djabid, Syahril tercatat dua periode menduduki kursi DPRD Malut. Syahril juga pernah menjadi unsur pimpinan DPRD Malut. Sementara Asrul hanya tercatat satu periode di DPRD Kota Ternate.

“Secara politis, keterwakilan sosok Syahril di DPRD Provinsi adalah bukan lagi representasi Daerah Pemilihannya (Dapil). Keterwakilan Syahril di DPRD Provinsi adalah keterwakilan masyarakat Maluku Utara. Ini adalah modal politik buat Syahril,” tandas Achmad Djabid.

Menurutnya, modal politik ini yang membuat dirinya bakal diterima oleh seluruh lapisan masyarakat Maluku Utara. Intinya menurut Ketua DPW PBB Malut ini, Syahril punya elektabilitas dan popularitas yang tinggi di mata masyarakat Malut.

Pada sisi lain sikap optimis PBB Malut untuk kemenangan AM-SAH juga didasarkan pada hasil Pemilu 2024 dimana Partai Golkar memenangkan Pilpres dan Pileg 2024.

Diketahui berdasarkan data, perolehan suara DPR-RI adalah 128.475 suara. Figur Alien Mus terpilih kembali menjadi Anggota DPR-RI dengan perolehan suara 70.505 suara. Golkar memperoleh 8 kursi di DPRD Provinsi. Sedangkan total perolehan kursi Golkar di 10 Kabupaten/Kota sebanyak 34 kursi.

“Untuk PBB kita lebih cendrung ke Dapil 3 (Tikep, Halteng dan Haltim). PBB di Dapil tersebut memperoleh suara signifikan,” ujarnya.

Achmad menuturkan, kerja-kerja pemenangan AM-SAH baik di tingkat Kabupaten/Kota harus linier dengan kerja-kerja di tingkat DPW. Dirinya berharap, kerja politik tersebut bisa dimaksimalkan untuk memenangkan AM-SAH.

“Jika ada kader partai yang membangkang atau tidak menjalankan putusan partai maka akan dilakukan evaluasi. Kader tersebut akan diberikan sangsi oleh pimpinan partai,” tandasnya.

Menurutnya, persoalan suka dan tidak suka secara personal itu adalah hak setiap orang. Tetapi ketika keputusan partai telah lahir, itu wajib hukumnya untuk dijalankan.

Ditanya terkait konsolidasi partai di tingkat DPW PBB untuk memenangkan AM-SAH, Achmad berkomentar, memang ada jadwal untuk itu. Pihaknya juga menunggu kedatangan Pj Ketua Umum PBB, Fachri Bachmid yang dijadwalkan bakal berkunjung ke Malut pada Oktober 2024 ini. Kehadiran Fachri ini adalah untuk menghadiri Rapat Koordinasi dan Konsolidasi pemenangan Pilkada Kabupaten/Kota dan Provinsi.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 pay4d cahaya128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128 planet128 planet128 rawit128 turbo128 rawit128 planet128 rawit128 turbo128 planet128 rawit128 planet128 planet128 planet128 planet128 turbo128 planet128 planet128 planet128 turbo128 turbo128 planet128 rawit128 rawit128 planet128 turbo128 Slot Thailand -