7 Makanan Dilarang Bersamaan dengan Pepaya

Abadikini.com, JAKARTA – Pepaya dikenal sebagai buah yang sangat baik untuk pencernaan. Namun, ada beberapa makanan yang tidak disarankan untuk dikonsumsi bersamaan dengan pepaya. Apa saja makanan tersebut?

Pepaya adalah salah satu buah tropis yang sangat disukai banyak orang, terutama saat cuaca panas. Menurut Medical News Today, pepaya mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin C, vitamin A, serat, magnesium, dan folat. Buah ini juga dikenal memiliki sifat antioksidan, anti-kanker, dan anti-inflamasi.

Meski begitu, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat mengonsumsi pepaya. Ini dikarenakan kombinasi tersebut dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada sistem pencernaan.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan dengan pepaya.

Olahan Susu

Berdasarkan informasi dari NDTV, mengonsumsi pepaya bersama produk olahan susu seperti susu, keju, mentega, atau yogurt dapat menimbulkan masalah pencernaan dan kram perut.

Enzim yang terdapat dalam pepaya, seperti papain dan chymopapain, berpotensi mengentalkan susu dan memengaruhi cara pencernaan produk susu.

Makanan Fermentasi

Mengacu pada Times of India, makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan dengan pepaya adalah makanan fermentasi seperti asinan kubis, kimchi, dan acar, yang mengandung probiotik dan enzim yang bisa berinteraksi dengan enzim pepaya.

Oleh karena itu, menggabungkan makanan fermentasi dengan pepaya dapat berpotensi mengganggu pencernaan atau menyebabkan masalah gastrointestinal.

Mentimun

Mengonsumsi mentimun bersamaan dengan pepaya dapat menyebabkan perut kembung, ketidaknyamanan, kram, dan bahkan diare.

Ini disebabkan oleh mentimun yang kaya akan kandungan air, sehingga pada akhirnya dapat menyebabkan tubuh mengalami kelebihan air.

Makanan Tinggi Protein

Kandungan enzim dalam pepaya mampu memecah protein, sehingga dapat mengganggu proses pencernaan makanan tinggi protein tertentu.

Disarankan untuk tidak mengonsumsi pepaya bersama dengan makanan berprotein tinggi seperti ikan, daging, atau tahu dalam jumlah banyak agar terhindar dari gangguan pencernaan atau ketidaknyamanan.

Jeruk

Kombinasi pepaya dengan buah-buahan sitrus seperti jeruk dan makanan berlemak dapat menghasilkan rasa asam dan berpotensi menyebabkan gangguan pencernaan.

Pepaya dan buah jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sehingga dapat memicu refluks alami, mulas, dan iritasi lambung.

Makanan Pedas

Disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan pedas bersamaan dengan pepaya, karena kombinas tersebut bisa menimbulkan masalah pencernaan seperti, kembung, kram perut, dan diare.

Makanan pedas dapat mengiritasi lapisan lambung, dan bila dipadukan dengan pepaya, dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dalam sistem pencernaan.

Makanan Goreng-gorengan

Tidak disarankan untuk mengonsumsi gorengan seperti ayam goreng atau kentang goreng bersamaan dengan pepaya, karena bisa memicu iritasi lambung.

Makanan yang digoreng memiliki kandungan lemak yang tinggi, dan bila digabungkan dengan pepaya, bisa menimbulkan masalah pencernaan dan rasa tidak nyaman dalam perut.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 pay4d cahaya128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128 planet128 planet128 rawit128 turbo128 rawit128 planet128 rawit128 turbo128 planet128 rawit128 planet128 planet128 planet128 planet128 turbo128 planet128 planet128 planet128 turbo128 turbo128 planet128 rawit128 rawit128 planet128 turbo128 Slot Thailand -