Minggu Ke-3 Bulan Oktober Rapat Koordinasi Pengendalian Dearah Tahun 2024

Abadikini.com, TIKEP – Minggu Ke-3 Bulan Oktober Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan dalam hal ini Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) yang dipimpin langsung oleh Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan dan Staf Ahli Walikota Bidang Ekonomi, Pembangunan, dan Keuangan, kembali mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2024 secara Virtual dari Ruang Rapat Sekda Kantor Walikota Tidore, Senin (21/10/2024).

Pada kesempatan tersebut, dalam arahan Pelaksana Tugas Sekretaris Jendral Kemendagri Tomsi Tohir dalam memimpin Rakor Pengendalian Inflasi Tahun 2024, meminta kepada seluruh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) agar melakukan intervensi terhadap komoditas pangan yang mengalami kenaikan harga.

“Terdapat komoditas bawang merah, telur ayam ras, dan cabai di beberapa daerah mengalami kenaikan harga meskipun masih di bawah harga enceran tertinggi, untuk itu saya minta kepada setiap Kepala Dearah dan Tim untuk jangan sampai lengah menanggapi permasalahan tersebut.” Ucapnya.

Menanggapi arahan tersebut, Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Taher Husain memberikan tanggapan terkait Pengendalian Inflasi di Kota Tidore Kepulauan. Taher Husain menyampaikan pada minggu ini pergerakan harga mengalami sedikit kenaikan dengan data IPH naik sebesar 1,25, yang mana kenaikan tersebut berpengaruh pada salah satu komoditas yaitu cabe.

“Pada minggu ketiga bulan Oktober ini mengalami kenaikan IPH sebesar 1,25, yang mengakibatkan terdapat salah satu komoditas yang naik yaitu cabe merah” Ucap Taher.

Taher Husain juga menambahkan, terkait memberikan solusi dari kenaikan tersebut pada beberapa hari tersebut TPID Kota Tidore Kepulauan melakukan  kerjasama dengan petani di Kota Makassar, untuk terkait dengan bagaimana distribusi cabe dari Kota Makassar ke Kota Tidore untuk bisa mengatasi permasalahan tersebut.

“Dari permasalahan Alhamdulillah kami dari TPID Kota Tidore Kepulauan telah melakukan kunjungan ke Kota Kota Makassar untuk bekerja sama dengan Petani di sana terkait dengan bagaimana pendistribusian cabe dari Kota Makassar ke Kota Tidore, sehingga semoga pada minggu depan kendala masalah harga ini pendistribusian ini dapat terakomodir dengan baik”. Tambahnya.

Turut hadir Kepala Pusat Statistik Kota Tidore Kepulauan dan Para Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kota Tidore Kepulauan, sedangkan turut hadir secara virtual Direktur Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting, Kementerian Perdagangan Bambang Wisnubroto, Direktur Sayuran dan Tanaman Obat, Dirjen Holtikultura, Kementerian Pertanian Andi Muhammad Idil Fitri, Kepala Divisi Perencanaan Operasional dan Pelayanan Publik Bulog Rini Andrida, Direktur Pertimbanan Hukum, Jamdatun, Silah H Pulungan, Satgas Pangan Polri, Plt Sekretaris Utama Badan Pangan Nasional Sarwo Edhy, Perwira Pembantu Utama Ekonomi Keuangan, Staf Ahli Panglima TNI Bidang Ekonomi, Keuangan dan Perdagangan Jayusman, serta Gubernur/Bupati/Wali Kota se-Indonesia.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 pay4d cahaya128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128 planet128 planet128 rawit128 turbo128 rawit128 planet128 rawit128 turbo128 planet128 rawit128 planet128 planet128 planet128 planet128 turbo128 planet128 planet128 planet128 turbo128 turbo128 planet128 rawit128 rawit128 planet128 turbo128 Slot Thailand -